Kita lanjutkan lagi cerita tentang debutan era Motogp 4T di tahun 2002. Setelah kemarin berturut-turut Yamaha dan Aprilia, sekarang giliran geng ijo yaitu Kawasaki dengan Kawasaki ZX-RR.
Pada tanggal 10 Januari 2002, dewan direksi dari Kawasaki Heavy Industries mengambil keputusan bersejarah yaitu mengambil tantangan mengikuti Kejuaraan Dunia MotoGP baru dengan prototipe motor balap 990 cc. Aturan mesin berkapasitas 990cc ini membuka pintu untuk kembalinya kenangan tentang mesin klasik Kawasaki in-line empat silinder yang relatif sederhana tetapi sangat kuat dan memberikan reputasi pada Kawasaki yaitu mesin Kawasaki Z1 legendaris di awal tahun tujuh puluhan.
Hanya satu bulan kemudian, pada awal Februari 2002, Akira Yanagawa menguji prototipe pertama di sirkuit Malaysia Sepang.
Percobaan ini sangat menyenangkan ridernya. Yanagawa berpendapat “mesin Superbike 750cc sangat kuat, tapi tidak bisa dibandingkan dengan motor ini. Bahkan di gigi kelima dan keenam, motor ini ingin terus melompat ke depan “, Yanagawa adalah pembalap Kawasaki di superbike yang tidak berpikir dua kali ketika ia ditawari pekerjaan mengembangkan mesin Grand Prix baru.
Pada awal September 2002, insinyur Kawasaki memperkenalkan Ninja ZX–RR baru dengan desain ramping dan futuristik. Kabarnya desain ini dikembangkan dalam pengujian terowongan angin. 😀
Tapi akhir cerita debut pertama Kawasaki ZX-RR ini tidak semulus yang dibayangkan. MotoGP pertama untuk tim ijo di Motegi Jepang berakhir ketika roda belakang Kawasaki spin dan keluar jalur tiba-tiba saat memasuki tikungan di lap ke-6, kejadian ini membuat pembalap Akira Yanagawa cedera pinggulnya dan diperlukan operasi. 😦
Bagi yang koneksi internet-nya unlimited bisa melihat full video pengembangan Kawasaki Ninja ZX-RR berikut ini. 😀
Demikian cerita singkat tentang Kawasaki Ninja ZX-RR Motogp, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉
Sangarrrrr
http://adityaprad.wordpress.com/2014/11/23/modifikasi-gokil-honda-supra-x-125-dimodif-jadi-sport-full-fairing/
cerita dulu mas bro 😀
pernah berjaya 😉
http://potretbikers.com/2014/11/23/suzuki-new-address-telah-resmi-hadir-di-jawa-timur-dengan-launching-di-royal-plaza-surabaya/
cuma lewat sebentar mas 😀
padahal di akhir keikut sertaannya prestasinya lumayan lo.. di tangan melandri kalo gak salah
duitnya yang abis mas, susah cari biaya pengembangan dan riset mesin melawan Honda dan Yamaha
berarti akan ada artikel proton KRV5,ILMOR,Harris WCM ,honda RC211V kah? 🙂
Bisa jadi mas, sekedar pengisi waktu luang, kalau lagi repot ya libur dulu 😀
sayang gak bisa bahasa jepun 😦 , vidio ini lebih komplt mas..
gambar yang berbicara om!