Kita sambung kembali tulisan yang kemarin, setelah bak oli alias “oil pan” selesai saya kencangkan mur dan baut-nya maka kegiatan selanjutnya adalah membersihkan sektor mesin. Musim kemarau yang cukup panjang ini mengakibatkan banyaknya debu yang bersarang di mesin, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan solar dan kuas.
Bersihkan dengan santai dan sambil menikmati satu bentuk hasil karya rekayasa manusia berupa mesin diesel 😆
Setelah dirasa cukup, akhirnya mesin saya nyalakan. Jreeeennggg!!! mesin menyala normal. Tapi tiba-tiba saya melihat ada sesuatu yang aneh muncul. Tepatnya dipangkal busi pemanas alias “glow plug” paling belakang, sehubungan sisa minyak solar masih ada di sela-sela busi pemanas maka pada minyak tersebut muncul gelembung-gelembung udara kecil. Wah… ada kebocoran angin nih! Tapi saya tidak panik, langsung saya matikan mesin dan cek kekencangan busi pemanas satu persatu.
Cara checking kekencangan “glow plug” tidak terlalu sulit, modal kunci ring 10 dan 12. Pertama-tama kita lepas dulu kabel yang terhubung dengan busi pemanas berikut dengan kunci 8.
Kemudian kendurkan semua mur yang menahan dan mengunci plat besi dengan kunci ukuran 10
Ambil plat besi penghantar arus listrik dan kencangkan busi pemanas atau glow plug dengan kunci ukuran 12.
Ternyata memang glow plug paling belakang agak kendor, pantesan pas mesin nyala keluar gelembung udara dari drat ulir-nya
Sekalian saja semua saya cek satu persatu. Setelah dirasa cukup kencang akhirnya saya kembalikan dan pasang kembali berurutan seperti semula. Kemudian kembali mesin saya nyalakan sambil bagian glow plug saya basahi kembali dengan sedikit solar. Dan gelembung tadi sudah tidak muncul kembali 😀
Demikian sedikit informasi yang dapat saya berikan, Semoga bermanfaat. Sekali lagi rawatlah kendaraan kita supaya dia maksimal memudahkan perjalanan kita 😉
lagi ngerti… jebul diesel nganggo busi juga
Wew…motor eh mobil mahal ki..
Ngece… 😥
Mohon ijin gun ! Cara sambung timer pre- heating asli bawaan taft , kabelnya ada 3 warna ,yg hijau dari relay glow plog , yang ping dari sepedo meter , yg coklat dapatnya kemana gun ya ? Makasih gun
olong pencerahannya para suhu , saya tergolong new bi..
saya kaget ketika mengendarai mobil taft, tiba tiba lampu indikator glownya nyala trus indikator tempraturnya langsung naik, tp seketika itu juga ketika lampu indikator glownya mati turun lg tempraturnya, padahal water pum sama radiatornya normal ga ada masalah, itu kenapa ya……mohon pencerahannya..terimakasih…wasalam…
Coba cek switch glow di bagian kiri dibawah laci dashboard. Periksa kabel/soket nya. Kalau belum beres, monggo gabung ke group berikut mas, mau tanya2 teknis tentang Taft silahkan…

https://m.facebook.com/groups/12246428590?refid=27
maaf… sy juga pake panther miyabi 1994… mohon pencerahan.. kejadian serupa, lampu indikator glow nyala terus… terkadang normal sendiri… tap kalau ngga padam juga, akhirnya sy lepas soket dari timer glow, agar aki tidak lowbat
Permisi.. saya mau tanya nih, saya punya rocky independen 96. Apa penyebab ban depan saya habis sebelah dalam. Dan sewaktu saya melaju jalan tol kecepatan tinggi mesin bergetar? Terimakasih
Love DIESEL😚