Upgrade mesin GL 125


Assalamu’alaikum wr. wb

Akhirnya ada kesempatan menulis blog ini lagi 😀

Setelah post artikel terakhir beberapa bulan yang lalu kali ini saya hanya sedikit menuliskan kegiatan penyegaran mesin Honda GL125 lansiran tahun 1980 yang akan saya gunakan untuk membuat Honda XL125 repro.

mesin tua ini butuh penyegaran komponen2 nya. utamanya piston set, rantai cam,  cam shaft/noken as, klep dan templar.

selain itu bagian kampas kopling juga butuh diganti. untuk gigi primer sekunder sementara masih pake bawaan Honda GL125. tapi kalau nanti dirasa kurang “nendang” akan saya ganti menggunakan mega pro.

karena usia bagian templar, pen templar dan noken as/cam shaft biasanya sudah aus. beruntung part GL series tersedia melimpah di pasaran. mau yang ori atau kw tinggal pilih sesuai kondisi kantong 😀

mumpung blok seher/piston dilepas, sekalian saja di bore up menggunakan buring/liner tiger berikut piston standar.

pemasangan buring/liner tiger berikut piston ini membawa konsekuensi lubang calter pada crankcase diperbesar.


pekerjaan rumah selanjutnya adalah merubah pengapian dari platina menjadi cdi. banyak pilihan bahan untuk menjadikan platina menjadi cdi. cara termudah adalah menggunakan magnet, spul dan cover magnet pro series. semuanya tinggal. pasang.

tapi nanti saya akan menggunakan magnet dan spul suzuki smash yang harga bekasnya lebih murah. walau nanti pada akhirnya harus merepotkan tukang bubut :p

sepertinya sampai disini dulu cerita upgrade mesin Honda GL125. kapan-kapan disambung lagi.

semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

wasalamu’alaikum wr. wb.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.