Kali ini saya mendapat bahan referensi yang agak komplit tentang salah satu Legenda Balap Motor Yamaha yaitu Yamaha RD56. Salah satu masterpiece Yamaha di era 2stroke. Mari kita mulai berkenalan dengannya 😀
Sebelum kita mulai ada beberapa catatan tentang Yamaha RD56 :
- Yamaha RD56 merupakan motor balap yang memberi Yamaha titel Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya.
- Yamaha RD56 dengan pembalapnya Phil Read memberikan Yamaha World championship pertama pada tahun 1964
- Yamaha RD56 menggunakan Mesin twin – silinder memiliki katup putar/rotary valve di setiap sisi dan mempunyai bore stroke 56 x 50,7 mm yang memberikan kapasitas 249,8 cc
- Yamaha RD56 memiliki Compression ratio sebesar 7,8 dan menghasilkan daya sebesar 40 PS pada 11.000 rpm untuk versi 1962. Pada versi tahun 1963 dengan sedikit pengembangan meningkat hingga 45 PS , pada versi tahun 1964 meningkat lagi menjadi 50 PS. Dan pada versi terakhir memiliki daya lebih dari 55/56 PS dengan Gearbox 7 percepatan mampu memberikan Topspeed menakjubkan sekitar 220 km / jam
Yamaha RD56
Yamaha RD56 merupakan pengembangan dari model sebelumnya yaitu RD48, posisi mesin masih sama dengan RD48 yaitu terpasang pada rangka type double cradle frame. Untuk suspensi depan dan belakang telah diperkuat dan mengalami peningkatan untuk mengimbangi daya dan kekuatan mesin yang baru.
Yamaha RD56 melakukan debut pertama pada balapan the 1st All Japan Road Race of 1962 .Pada tahun berikutnya Yamaha RD56 tampil sangat kompetitif pada balapan di luar negeri, dengan pembalapnya Fumio Ito meraih kemenangan di GP Belgia dengan mengalahkan Benelli, Morini, MZ, CZ, NSU dan Honda. (2T vs 4T)

Pengembangan lebih lanjut membawa Yamaha RD56 mencapai puncak kejayaan pada tahun 1964 dan 1965. Dengan pembalapnya Phil Read Yamaha RD56 memberikan gelar juara dunia dan Yamaha sebagai juara konstruktor.
Karena berhasil menjadi kuda hitam yang mengganggu dominasi mesin-mesin GP 4 -stroke, Yamaha RD56 memberi Yamaha reputasi sebagai the leader in 2-stroke racers. 😀
Sekarang mari kita lihat bersama seperti apa mesin yang disebut the fantastic engine which gave the Honda engineers so many nightmares…
Demikianlah sejarah singkat salah satu Legenda Balap Motor Yamaha RD56, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉
jos
http://aripitstop.com/2014/04/04/galeri-dan-spesifikasi-yamaha-yzf-r15-thailand-yang-akan-dirilis-yimm/
ini mbah-nya R15 😀
blok king beud
Sangar to lek… 😀
Mantap tuh..
Bagi yg tertarik info mobil KITT,
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/04/mobil-kitt-si-legendaris-knight-rider-dilelang/
kaya RS
Yasi
L1
Sak pabrik pakdhe 😀
pirang sese kui
pas wektu kui seng 4tak pirang sese?
250cc, yang lain juga 250cc 😀
ngebul banget yo..opo durung musim smokeless
Kan jaman itu masih banyak nyamuk malaria mas, jadi sekalian fogging