Tulisan kali ini saya sedikit bercerita tentang kenangan masa kecil saya, masa-masa dimana keseharian keluarga saya ditemani dengan Yamaha RS 100. 😀
Tahun 1977 (saya belum lahir), bapak menikah dengan ibu… waktu itu oleh kakek dibelikan sepeda motor Yamaha RS 100 seharga 120.000 rupiah

Spesifikasi :
- Engine type:2-stroke air-cooled 100cc engine
- Displacement: 100.3 cc
- Bore x Stroke: 46.4 x 59.9 mm
- Compression Ratio: 9,3:1
- Max Power: 9.3 PS @ 6,000 rpm (carburetor type)
- Max Torque: 1.03 kgf.m @ 4,000 rpm (carburetor type)
- Max speed: 105 km/h
- Transmission: 4-speed
- Clutch: Wet multi-plate centrifugal
- Starter: Kick starter
- Frame Type: Underbone steel tube
- Suspension (F): Telescopic
- Suspension (R): Swingarm
- Brake (F): Mechanically actuated drum
- Brake (R): Leading trailing drum
- Fuel tank capacity: 5.4 L
Selanjutnya RS 100 tersebut menjadi sarana transportasi utama keluarga kami, menemani bapak saat saya masih dalam kandungan ibu, mengantar ibu melahirkan saya ke bidan, mengantar saya ke sekolah, ke dokter dan banyak hal yang dilakukan keluarga kami bersama RS 100 tersebut. Saya teringat, dimana saya masih sekitar usia 5 tahun bermain didekat RS 100 sepulang bapak kerja… namanya juga anak-anak. nggak tahu kalau knalpot itu panas, alhasil sampai sekarang dengkul saya masih ada bekas kena knalpot Yamaha RS 100 tersebut
Cerita berlanjut…. saya mulai remaja. Yamaha RS tersebut masih setia menemani keluarga kami. Walaupun saat itu di keluarga kami ada anggota baru, Astrea Prima yang dibeli tahun 1989 seharga 2,5 juta 😀
Sekitar tahun 1993-1994, bertambah lagi satu anggota baru yaitu Astrea Star yang dibeli di Naga Mas motor Klaten seharga 4,3 juta. Mulailah RS 100 tersebut jarang dipakai. Dan akhirnya ada Paman (adik bapak) yang diterima kerja menjadi PNS, sebagai pegawai baru waktu itu dia membutuhkan sarana transportasi ke tempat kerja. Akhirnya dipinjam dipakai lah Yamaha RS 100 tersebut oleh paman. Baru setahun dipakai paman, tiba-tiba RS 100 tersebut sudah berubah warna cat menjadi Hitam (aslinya merah) 😦
Dan sedihnya lagi, tidak begitu lama Rs 100 tersebut dijual oleh paman dan ditukar dengan Vespa 👿
Bapak saya saat itu sedikit kecewa, tapi berusaha mengikhlaskannya. Beberapa kali saya mencoba melacak keberadaan motor tersebut, tapi seakan hilang tak berbekas 😦
Puluhan tahun berlalu, dalam rangka mewujudkan rasa syukur nikmat atas karunia Nya, maka saya berkeinginan mencari Yamaha RS 100 bekas yang mirip dengan punya Bapak dulu, dan alhamdulillah… tidak perlu jauh-jauh untuk berburu yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Saat blusukan ke dusun didekat tempat kerja saya, akhirnya saya menemukan sosok yang tepat sebagai pengganti RS 100 bapak dulu. setelah deal maka segera saya boyong kerumah, Dan berikut ini anggota baru kami :
Secara umum kondisi RS 100 pada gambar diatas 85 % masih orisinil. Rencana saya berikutnya pelan-pelan RS 100 ini akan saya restorasi 😀
Parts yang mendesak untuk diganti adalah kampas kopling, kampas rem serta gir dan rantai yang katanya belum pernah diganti 😯
Nanti setelah beres akan saya buat kejutan untuk bapak, biar mengenang masa-masa muda beliau bersama ibu treng..teng-teng-teng!!! 😉
Demikian curhat saya kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.
niat tenan ne gae artikel
mumpung lagi semangat 45 mas! 😈
mantap x bro ,bpk aku jga punya tow ,msih hdup dri dulu
speedo meter e iseh wutuh 😯
2 tak tak pernah bohong! , 100 CC lari minimal bisa menyamai CC nya
kalau 4tak? lari menyamai CC ❓ *harus dengan spec jempolan 😀
iya mas…. spionnya aja masih bawaan motor 😀
memang 2T motor unik! minim komponen tapi daya yang dihasilkan maksimal! 😉
justru karena minim komponen, jd mesin bisa bergasing maksimal, klo 4 tak kebanyakan part tuh
jd pengen 2 takk, aduuh, sempat merasakan sensasi 2 tak waktu kmaren pas nyobain RC100 Tornado GX
waduh rs 100 ya aq px tapi rewel terus platinax
😀
itu seninya motor jadul mas!
aku terharu…
http://www.proleevo.wordpress.com
woohh… bagian mana yang bikin terharu? 😯
apik
termasuk mbahne Viximu mas! 😀
ihiks…ihiks…jd pengen pulkam ketemu ramane
lebaran pasti kumpul kan mas?
sip, HObi MOtor klasik
iso mrebes mili bapak e…..
*siap2 kinclong iki
wah… nggak sampai sejauh itu mas! 😀
nek ketemu mbah RS iki aq ra wani nyalip,
ndakne kualat xixixi
http://wahyuvixi.wordpress.com/2011/07/17/jathilan-satria-muda/i.wordpress.com/2011/07/17/jathilan-satria-muda/
ketemu nang pandak sesuk pas lebaran 😆
Istimewa
biasa mawon mas! 😀
Wah,ngalamat ra bakal dadi kapereser ki..
wooo..o..o..!!! 😯
kalau ini gak bakalan lek! 😆
ntar bapakku gak mau pake!
kado buat ayah.. like this very much 🙂
itu udah up side down ya?wah keren
apik apik apik
jaman gumiyen RS koyo ngono sak keluarga muat kabeh pak, bapak-ibu, kakak perempuan, kakak laki-laki dan aku
kepingin jg……..
iki masih mbahne Byson mu mas! 😆
Like this bro.. hehehe..
Pengen juga ngasih kejutan ke babeh.. Beliin motor dia yang dulu.. Tapi masalahnya dulu babeh pakenya BMW R25.. Kagak nyampe tabungan gw nebusnya.. Lebih mahal dari Ninin 250 harganya sekarang.. :sedih
wow… 😯
yakin aja mas… jika masih ada niat dan kesempatan berbakti kepada orang tua suatu saat pasti akan terkabulkan! 😀
pErsis nggon kepala sekolahku jaman SD mas..
didaerah sampeyan bukannya masih banyak mas? seputaran Magelang-Temanggung masih banyak sliweran di jalan 😀
mangtab jaya, nunggu artikel respon Bapak…
wah….. jangan ditunggu mas! 😀
wah…keren keren..
almarhum bapak saya dulu pecinta Honda…tapi yg paling saya inget astrea grand stripping ijo…sebelomnya, lupa 😦 pernah di satu foto..saya sama bapak naik Vespa..tapi kata ibu, gak pernah punya Vespa…
wah… terus vespa siapa tuh mas? 😀
kereeeennn…..
aku yo asline kepingin duwe motor lawas nang Jakarta
*iling si cemeng S90 ’69 nang omah kediri 😦
beli aja mas…. cari yang sehat. cukup isi premium dan pajak rendah 😀
ngangkat brp mas? tlng di posting progress restorasinya mas…. jadi inget yamaha V80 CDI bpk saya….
terjangkau kok mas, seharga gadget android 😀
untuk restorasi coba nanti saya kasih laporannya mas!
➡ M.A.N.T.A.B.H Bro… Semakin kagums aja dengan Bapak yangs atu ini… Ooya kemarin dah ketemu pak Lurah Pendowoharjo, tak ceritain kalau saya juga kenal sampeyan… wahahah malah gayeng crito mrono-mrene…
Siiippp…
Mooosssoookkk????
RS100? Berarti mbahe RS125 dong…. sama-sama 2-tak to
RS125 yang mana nih? Aprillia?
(ngimpi)
roda dpn kasih cakram, trus ganti ban yg lumayan besar krn tenaga 9,3 hp utk motor 100 cc lumayan gede..hehehe..mantap mas…klasik2 antik oi..hehehe
Basis rangka memang menggoda untuk di custom mas, tapi untuk yang ini saya masih prefer ori saja 😀
kompresi gedhe eram mas….. mosok 9,3:1?
Saya copas dr bikez.com mas, nanti saya cari angka kompresi yang sesungguhnya 😀
SEmoga tercapai keinginan menyenangkan orang tua, amin…
Amin, matur nuwun mas!
wahhh…suwe2 sampean iki koyo dealer pit motor mas, koleksine akeh 😀
Nggak juga mas, kalaupun ada cuma motor rondo low end aja kok!
ngk dibikin cafe racer aja?
untuk yang ini nggak mas bro! 😀
Waaah…ceritanya mengharukan bener…itu motor masih oke banget masio termasuk rondo tuwek. Mantaap mas..!
Salam,
http://lexyleksono.wordpress.com/2011/07/18/touring-ke-pelabuhan-ratu/
nuwun mas! saya cuma sharing sedikit cerita masa kecil saja kok! 😀
Wah… Menurutku sexy bodynya… koq bisa masih semulus itu ya… keren…
ini masih assembling jepang asli mas! lagian usia juga lebih dari 30 tahun 😀
wis naik cat lom..kok 3hari gak kelihatan
belum ada rencana repaint bro! isih eman-eman 😀
mugo2 bapakke njenengan ora moco blog iki, lha mengko kurang surprise.
hasil njajah deso milang kori memang bermanfaat.
bapak saya mending ngerek burung perkutut dari pada nyalain kompie 😆
kok ada keterangannya carburetor type Bro? Apa jaman dulu dah ada yang versi injection? Ni motor emang keren, kebayang deh zaman dulu orang liat nih motor baru keluar, kaya kita liat TZM kali ye..btw, lkondisinya masih yahud ya, lengkap..selamat!
data cuma copas mas bro 😀
pengin jg beli RX100 – Biru / CG125 – Item
montor alm bapak saya dulu 😥 trus mboncengin ibuk ke kantor
weiss…. mantap mas bro! 😀
sungguh menginspirasi…
tapi dulu bapak bawa mobil model jeep buat ngapel ibu…
😀
ha.ha…. kapok sampeyan mas! mudah2an sampeyan bisa beli jeep seperti yang dulu bapak pake 😉
Dpt harga brp mas?saya jg mw nyari.lokasi saya di klaten mas
ini saya ambil 2,5 mas, tapi masih perlu direkondisi kampas kopling dan seher 😀
very nice article mas 🙂
btw, motor iku yo ngelingke masa kecil aku mas, senajan aku kelahiran ’88 tapi pas cilikanku motor koyo ngono akeh nenggon sekitar kampungku, bring back memories lah pokoke 😀
mumpung aku isih kuliah semester ahir di jogja, nek kiro2 golek motor iki ng jogja nandi yo mas? kisaran regane piro mas? hehe
kepingin rs-e gon mase iku,isih apik kondisine.hehehe
wah… sebenarnya populasi di jogja banyak mas, cuma jarang yang ngejual 😀
kalau punya saya not for sale mas
saya juga punya sepeda motor RS100 ini mas, tapi sya bingung sperpart nya masih ada di jual gak ya…?
sparepart masih ada kok mas…. di jogja kampas kopling, seher ring +stang seher dan beberapa komponen lain masih tersedia. tapi kalau parts macam slebor depan dan lampu sein harus sabar berburu via forum2 jual beli barang lawas 😀
Wah, jadi pengin juga nih stlh liat RS nya. Kisahnya mirip dgn RS 100 merah punya bapak saya. Kebetulan tipenya RS 100 super 1975 (+ disc brake & tachometer). Selalu setia mengantar kesana-kemari tanpa mogok, sampai akhirnya dijual di tahun 1998 untuk DP beli Kawasaki Kaze. Weeeh…sedih juga kalo inget RS ku…
RS100 Super? wow…. keren!! 😯
sama mas saya juga punya yamaha rs 100 yg masih setia menemaniku tapi sayang onderdilnya dan bodynya udah ak rombak jadi rx king biar ga kuno gt hehehehe…..rs 100 saya taon 1977 mas salam kenal
wah…. pengguna RS100 juga ya? 😀
salam kenal juga mas!
oya mas sekalian aq blh tanya klw persamaan kain kopleng rs100 ma apa ya?
trus kain koplengxa terdiri brapa lapisan ya?
kebetulan yang jual kampas kopling RS 100 di Jogja masih banyak yang jual mas, walau KW tapi lumayan kok. 😀
cerita loe sama ma gw gan. cuma bedanya yamaha rs 100 bapak gue punya masih di pertahankan mpe skr. motor kenangan.
wah…. mantap mas bro! dirawat aja… gak bakalan rugi dah! 😆
aku juga punya kenangan yg sama,
samp dh di jual trus aku kejar terus sampe ketemu lagi di daerah bantul
mas bro ngomong-ngomong masalah rs 100 saya juga punya nih..malah tak modif king jd tambah mantep walau tak sekenceng king larinya…hehe
Selamat malam anak anak dan cucu cucu, penggemar RS 100, saya juga punya motor ini, harga waktu membeli Rp. 285.000,00 – Faktur, bukti pungutan MPO, BPKB, STNK, komplit, Pajak terkahir th. 2012 sebesar Rp. 16.500,00 …..
mantap…klangenan yo Pak?
mau di jual ga kek???
lokasi kake dimana?
ciamik…kacang yg tdk lupa kulitnya salut !
mas bro…
Ane jg punya yamaha rs 100 super…
Udah repaint yahud…
Tp knalpot yg penyok2…
Kalo blh tau beli knalpot nya dmn ya?
Klo ada yg tau boleh dihubungi disini
083865130717
mas bro…
Ane jg punya yamaha rs 100 super…
Udah repaint yahud…
Tp knalpot yg penyok2…
Kalo blh tau beli knalpot nya dmn ya?
Klo ada yg tau boleh dihubungi disini
083865130717
misi gan, ane ada motor Yamaha RS 100 rencana ane mau jual 4,5jt nego
mesinnya masih bagus belum penah di otak-atik gan, stnk dan bpkb ada gan (lengkap semua)
kondisi motor ori semua gan
pajak hidup
plat AA magelang gan, sekarang motor ada di jogja kota gan, ane jual karena buat modal beli motor baru gan
minat bisa hubungi ane langsung gan
cp : 085743150852
thank all
mntp x tow mtr buat angkatan berat tetap tahan ,sampek sekarng msi hdup to mtr ,mantp
i like
Jadi pengen rs-e tonggoku…hahahaha
MASIH ADA YANG LAIN NDAK MAS….ak nyari lama, ndak dapet2… di mana itu dapatnya??
aq punya rs 100 super… pajak hidup. 4jt silakan liat barangnya. 085647002362
Q jga punya nh rs 100,temen krja dan jalan2..udah q cdi tapi enak pakai platina bro?
secara umum hampir sama mas, cuma kalau cdi lebih mudah dalam perawatan. kalau platina masih manual 😀
partnya masih gampang dicari? kalo pun udah gak ada dikanibal sama part apa ya? kalo mau ganti CDI berapa ya mas? pasaran rs ga turun-turun ya mas, aku nyari yg dibawah 3jt hehehe
parts di jogja masih ada kok mas, asal rajin hunting pasti ada. kalau ganti CDI bisa pake RX-King, pasang sekalian magnetnya, kalau biaya saya kurang tahu 😀
saya mau nanyak ni , kalok di pontianak bengkel yg bisa perbaiki rs100 saya dmna ya , saya kebingungan ni , mau perbaiki motor saya
wah, saya nggak tau mas bro… belum pernah juga ke kalimantan barat
coba saja kebengkel yang biasa menangani Yamaha RX-King atau mesin 2T lainnya.
minta info toko sparepart seperti kabel rem cakram,shok belakang rs 100 di Jogja dimana gan?
wah, kalau itu harus telaten berburu mas 😀
untuk beberapa komponen bisa menggunakan parts motor sejenis (RX-100) biasanya saya cari di toko onderdil sepanjang jalan Brigjen Katamso (depan jogjatronik). Kalau shock belakang kemarin ada yang jual punya yamaha Yasi (sama persis dengan RS). Coba aja kontak ini http://olx.co.id/iklan/shock-yamaha-yasi-ID9gktx.html#58f6edf6f3
Saya juga lagi nyari Yamaha RS100 ini, dah nemu beberapa yang ditawarkan, tapi mahal-mahal semua 😦 pada buka harga 7jt ke atas semua.
kalau yang masih mendekati ori memang agak mahal mas 😀
om…maaf mao nanya.kampas kopling ane abis.klo part substitusi buat kampas pake part apa ya.yg sma.apa rx king sama?
ane dijakarta susah cari part klo bukan pake part laen.
mohon jawabannya.ane tunggu om.
thnks
Saya dulu beli di jogja ada mas, tapi kw. Coba nanti tak tanyakan dulu masih ada atau nggak. 😀
Ceritanya hampir sama bang tapi dulu saya masih kecil saya selalu naik di atas tengki rs 100 hijo pergi kemana aja,
Tapi sekara motor tua mau saya bangun biar bisa jalan
Mau tanya bang bentuk tuas kopling deket gear depan bentuknya gimana ?
Bentuk sama dengan punya rx-king, menempel di cover magnet. Karena tuasnya menganut model dorong.
ada yang punya honda benly s110 ga
aq pnya tp sayang rangkae da mleyok
Jdi kurang enak naekane!!
Log ad pm yo mas,posisi d singosari
malang
Di bengkel sebelah rumah ada liat suzuki 2 silinder duh nyesek liatnya,di tawar ngga mau di baikin juga ngga….hhhhh
Ha.ha… Nunggu aja, kalau memang nasib memihak gak bakalan kemana mas 😆
romantic…
podo motore bapaku ndhisik
aku yo kangen karo motor kui
bang…yamaha RX 100 ini punya nya mas ini …kalau di pake….top speed bisa nyampe berapa ya mas…? misalkan di modif di jadikan street figter/scrambler gitu pake ban 17-17 yang agak lebaran dari aslinya apa masih kuat ya…?
kalau kondisi mesin sehat dan normal bisa tembus 110 Kpj, kalau dimodif kaki2 lebih lebar dari aslinya saya rasa masih kuat. 😀
ow gitu ya ok..ok…oh ya saya tadi salah tulis…harusnya RS100 ukan RX100….omong-omong….bedanya RX-100 dan RS-100 ini apa ya…?
Beda model, kalau mesin hampir mirip.. Beda di bentuk sirip pada blok silinder dan cover crankcase kanan kiri.
oh ya 110kpj itu apa bang irawan sudah pernah mencoba nya di motor rs nya sendiri ini…??? kalau dulu baru nya sih saya percaya….tapi kalau sekarang motor yang usianya jauh lebih tua dari kita2 ini apa bener bang masih bisa lari segitu kenceng walau dalam kondisi mesin sehat..?? saya juga ada ancang-ancang nyari nih motor 🙂
Saya ketemu motor tua ini dipedalaman kalimantan
Kondisinya gak standart lg…tp mesin msh normal
mohon info untuk part skok belakang yang jual dimana nggeh
HEMMM
Nice story
Motor dengan platina sejuta rasa
Engkol 1x jreng pernah
Engkol 25-50 pernah (karena dulu belum tahu prinsip kerja mesin)
Alhamdulillah disitu belajar untuk bersabar dan menganalisa segala hal, ojo grusa grusu
Dan segala sesuatu pasti ada sebab akibat
Salam hormat poro dulur
2 stroke / 4 stroke lovers
Mendoan banyumas.