DKW 1926 seri E206


Setelah membaca sejarah berdirinya perusahaan motor DKW pada artikel DKW kemarin, kali ini saya akan mengajak rekan-rekan sekalian melihat produk DKW buatan tahun 1926 dengan model seri E206.

Pada akhir Tahun 1925 DKW mulai membuat model E206 yang menuai sukses dipasaran, dengan model yang simpel, ringan namun cukup memenuhi selera konsumen akan kebutuhan alat transportasi yang modern pada waktu itu.

sepeda motor DKW ini menggunakan mesin 2 stroke 1 cylinder 198cc, bore vs stroke 64X64 mm dan memiliki berat 75 Kg, Top speed dari data yang ada mencapai 70 Km/jam 😀

Dengan kapasitas 198cc 2 Stroke, DKW E206 ini konsumsi BBM 3 liter dapat mencapai sekitar 100 Km :mrgreen:

Mesin ini terbukti sangat handal pada waktu itu, disamping pricing harga yang kompetitif maka penjualan model E206 sampai akhir maret  tahun 1928 mencapai 49.000 unit!!! 😯 (pada tahun itu DKW menjadi produsen motor terbesar di dunia)

Tanggal 1 April 1928 Pemerintah Jerman mengeluarkan Undang-undang bahwa setiap kendaraan dibawah 200cc dibebaskan dari pajak dan pengendaranya tidak memerlukan SIM.

Kebijakan ini segera ditindak lanjut oleh DKW dengan merubah mesin pada model E206 dengan mengurangi bore menjadi 63 mm (sebelumnya 64). Type ini selanjutnya dikenal menjadi E200. (pinter juga mengikuti regulasi) 😀

Perubahan tersebut secara tidak langsung berimbas pada peningkatan penjualan sehingga pada bulan-bulan berikutnya sampai akhir tahun 1928 19.200 unit E200 terjual! Mantap!!

Jika diperhatikan, ada teknologi mesin dari DKW E206 ini yang banyak diaplikasikan pada motor-motor keluaran saat ini lho! 😀

Apakah itu? ini dia bro!

__

Coba perhatikan pada pendinginan mesinnya! 😀

Bukankah Suzuki pernah menggunakannya pada Seri RC 80-100 dengan istilah Jetcooled?

Bukankah Yamaha pernah menggunakannya pada Seri Force-one dengan sebutan YPCS (Yamaha Power Cooling System)?

Bukankah semua matic yang beredar sekarang masih menggunakannya juga? (beberapa diantaranya digabung dengan radiator)?

Demikian sekilas tentang DKW E206 Tahun 1926, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama!

16 tanggapan untuk “DKW 1926 seri E206”

  1. maknyross…
    REM + kopling e design jadul xixixix
    kaya tuas mesin2 semi otomatik pabrik tenun

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.