Kali ini saya ingin menunjukkan beberapa foto yang bisa dibilang cukup langka, karena memuat beberapa detail tentang mesin RGV500 Gamma Suzuki yang pernah mengantar Kevin Schwantz juara dunia tahun 1993 di era GP 2Stroke.
Monggo dilihat atau mau dikoleksi 😉
Kita mulai saja dari RGV Tahun 1986
Gambar diatas merupakan jerohan RGV Gamma buatan tahun 1986 (saya baru masuk SD tuh!)
Selanjutnya mari kita lihat gambar RGV buatan Tahun 1987 dan 1988 dimana Kevin Schwantz telah menjadi ridernya dengan nomor keberuntungan 34 :
Untuk RGV500 Gamma buatan 1988 jerohannya seperti gambar dibawah ini :
Sangar ya? 500cc V4 😯
Kita lanjut ke RGV Gamma buatan tahun 1989. Dari segi mesin mengalami perubahan sudut konvigurasi V dari 55′ menjadi 60′, selain itu shock depan sudah menggunakan up side down dan bentuk spatbornya juga berubah. mari kita lihat 😀
Dah lumayan keren penampilannya 😀
Mari kita lanjutkan,…. pada tahun 1990 beberapa perubahan dilakukan pada fairing, sasis dan mesin. Untuk mesin sudut konvigurasi V berubah menjadi 70′ pada RGV buatan tahun 1992. Puncak kejayaannya adalah ketika Kevin Schwantz memenangi GP dan menjadikannya juara dunia pada Tahun 1993 😉
Ini jerohannya :
Teknologi mesin Suzuki 2stroke waktu itu cukup disegani, bahkan ada pabrikan italia yang mengadopsinya untuk diproduksi
Dan berikut ini tunggangan Kevin Schwantz dari tahun 1990 sampai dia menjadi juara dunia tahun 1993 😀
Selengkapnya tentang sejarah Suzuki di GP dapat dilihat di http://www.globalsuzuki.com/motorcycle/history/racing/race_wgp_1990.html
Oh ya… ada cerita di balik Tim Racing Suzuki GP. Semenjak keikutsertaan Suzuki di GP, Tim Racing Suzuki selalu menggunakan Shock buatan Kayaba. Baru pada awal tahun 1999 Tim Racing suzuki menggantinya dengan Ohlins atas permintaan ridernya waktu itu Kenny Roberts Jr.
Bayangkan loyalitas Suzuki selama lebih 1 dasawarsa pake Kayaba
Demikian cerita tentang Suzuki RGV500 Gamma yang pernah Juara Dunia bersama ridernya Kevin Schwantz. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉
Tetap jaga Persaudaraan, Kerukunan, Persatuan dan Kesatuan!!!
😯 salah satu motor GP500 yg legendaris dijamannya, saingan NSR500 😎
bener mas bro! era 2stroke adu teknologi screamer dan bigbang! 😉
aje gile 500cc v4
naik RX-King 135cc aja sensasi 2T-nya luar biasa, apalagi yang ini ya?
moga ga cm jd kenangan, sijuki yg skrng gmn nih, koq adem ayem aja kecuali satria yg nampak sliweran
juki lagi ngitung keuntungan jual spareparts (mahal):cry:
2 stroke 500cc v4 jaman gp gendeng,powernya berapa ya?
ini bro! kelupaan gak ditampilkan diatas
weedyian! posisi piston, v- bagian bawah , down hill, bener2 design langka!
chassisnya sadis!
posisi water pump dg fin radiator jauh bgt, selag tubingnya menjulur kayak ular!
pict yg rangka doang velg nya peyang
jaman dulu belum tertib labelling dan barcode! makanya koil nya dikasih tulisan angka semacam tipex, termasuk cylinder head+block, di coret2 spidol
nitip jemuran di warung kucing 1600 ahh 😀 eh 160 ding 😆
overall mantab!
iya, gak kebayang buat harian cylinder head bisa remuk kena polisi tidur
sepertinya itu bukan peyang bro! foto ini kelihatannya repro dari majalah berbahasa jepang 😆
ngerti aku pak, nek ming repro majalah, (mancing kok ming en)
satria fu shocknya juga kayaba bos!la yg modelnya biru putih jaman kenny roberts jr kok ga ada bos?yg keliatan beda,olinya pake motul duluan lo..sebelum dipake rossi di m1
untuk sampeyan malah tak kasih dua-duanya nih! Kenny Roberts lagi ngudak Sete Gibernau
emang jamannya suzie,,
dulu gak ada lawan di jalan, RGR150 seliweran
rokok lucky strike bejibun diwarung2 pinggir jalan, dan alay2 pd waktu itu nongkrong sambil ngudud nih rokok
Sekarang kemana ya suzuki?
memang mesin yang aneh…….
jaman belum kenal motogp…
masih tentang Suzuki nih:
http://maskurmambangblog.wordpress.com/2011/01/03/indikator-persneling-di-motor-sport-perlukah/
waktu itu namanya masih GP pakdhe 😆
larinya pasti kayak setan…padahal aq aja belum pernah lihat setan lari 😀
hmmm…motor legendaris yg bikin nama Suzuki harumm..ngk jadi pelengkap aja kayak sekarang..hu..hu…hu…sedih rasanyua nonton Suzuki di kancah balap…apalagi di Indonesia
harusnya pake gledhekan dijamin juoss!!!
wow kevin schwantz mengingatkan idola saya jaman 2 tak 😆
jaman masih SMP ya?
Ada yang bilang Kevin Schwantz bisa juara dunia karena Wayne Rainey cedera.
Oh ya, saya pernah biqin artikel serupa tapi Yamaha YZR500, numpang lapak yah 🙂
ya namanya juga kompetisi mas bro! jika ada yang kalah pasti dihubungkan dengan hal-hal lain
wah… yang Yamaha udah sampeyan bikin ya? berarti batal dibikin nih!
Gw pny tuh mtr 2tak cc terbesar dari suzuki…GT750.
wow…. rare item tuh mas! jadi barang buruan kolektor! 😯
Edyan, 500cc powere 182 hp
serem ya mas? 😀
Ini artikel yang sangat saya tunggu, pertama kali liat Motogp.
Pada saat itu Kevin Schwantz juaranya, dan klo gak salah ketika Kevin Schwantz Juara dunia lagu “Queen – We Are The Champion” dipakai sebagai Back Sound review perjalanan Kevin Schwantz hingga menjadi juara dunia.
sat lagi. Livery “LUCKY STRIKE”-nya bener-bener keren ….
anda ketika suzuki datang lagi ke motogp dngan Livery seperti itu pasti keren.
Velg berwarna putih mnjadi ciri khasnya.