Mengenang Kejayaan Suzuki Era GP 2stroke…. RGV500 Gamma!


Kali ini saya ingin menunjukkan beberapa foto yang bisa dibilang cukup langka, karena memuat beberapa detail tentang mesin RGV500 Gamma Suzuki yang pernah mengantar Kevin Schwantz  juara dunia tahun 1993 di era GP 2Stroke.

Monggo dilihat atau mau dikoleksi 😉

Kita mulai saja dari  RGV Tahun 1986 :mrgreen:

Gambar diatas merupakan jerohan RGV Gamma buatan tahun 1986 (saya baru masuk SD tuh!) :mrgreen:

Selanjutnya mari kita lihat gambar RGV buatan Tahun 1987 dan 1988 dimana Kevin Schwantz telah menjadi ridernya dengan nomor keberuntungan 34 :

Untuk RGV500 Gamma buatan 1988 jerohannya seperti gambar dibawah ini :

Sangar ya? 500cc V4 😯

Kita lanjut ke RGV Gamma buatan tahun 1989. Dari segi mesin mengalami perubahan sudut konvigurasi V dari 55′ menjadi 60′, selain itu shock depan sudah menggunakan up side down dan bentuk spatbornya juga berubah. mari kita lihat 😀

Dah lumayan keren penampilannya 😀

Mari kita lanjutkan,…. pada tahun 1990 beberapa perubahan dilakukan pada fairing, sasis dan mesin. Untuk mesin sudut konvigurasi V berubah menjadi 70′ pada RGV buatan tahun 1992. Puncak kejayaannya adalah ketika Kevin Schwantz memenangi GP dan menjadikannya juara dunia pada Tahun 1993 😉

Ini jerohannya :

Teknologi mesin Suzuki 2stroke waktu itu cukup disegani, bahkan ada pabrikan italia yang mengadopsinya untuk diproduksi   :mrgreen:

Dan berikut ini tunggangan Kevin Schwantz dari tahun 1990 sampai dia menjadi juara dunia tahun 1993 😀

Selengkapnya tentang sejarah Suzuki di GP dapat dilihat di http://www.globalsuzuki.com/motorcycle/history/racing/race_wgp_1990.html

Oh ya… ada cerita di balik Tim Racing Suzuki GP. Semenjak keikutsertaan Suzuki di GP, Tim Racing Suzuki selalu menggunakan Shock buatan Kayaba. Baru pada awal tahun 1999 Tim Racing suzuki menggantinya dengan Ohlins atas permintaan ridernya waktu itu Kenny Roberts Jr.

Bayangkan loyalitas Suzuki selama lebih 1 dasawarsa pake Kayaba :mrgreen:

Demikian cerita tentang Suzuki RGV500 Gamma yang pernah Juara Dunia bersama ridernya Kevin Schwantz. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

Tetap jaga Persaudaraan, Kerukunan,  Persatuan dan Kesatuan!!!

31 tanggapan untuk “Mengenang Kejayaan Suzuki Era GP 2stroke…. RGV500 Gamma!”

  1. weedyian! posisi piston, v- bagian bawah , down hill, bener2 design langka! :mrgreen:

    chassisnya sadis!

    posisi water pump dg fin radiator jauh bgt, selag tubingnya menjulur kayak ular!

    pict yg rangka doang velg nya peyang :mrgreen:

    jaman dulu belum tertib labelling dan barcode! makanya koil nya dikasih tulisan angka semacam tipex, termasuk cylinder head+block, di coret2 spidol :mrgreen:

    nitip jemuran di warung kucing 1600 ahh 😀 eh 160 ding 😆

    Quis (warung DOHC bagi2 hadiah)

    overall mantab!

    1. iya, gak kebayang buat harian cylinder head bisa remuk kena polisi tidur :mrgreen:
      sepertinya itu bukan peyang bro! foto ini kelihatannya repro dari majalah berbahasa jepang 😆

  2. satria fu shocknya juga kayaba bos!la yg modelnya biru putih jaman kenny roberts jr kok ga ada bos?yg keliatan beda,olinya pake motul duluan lo..sebelum dipake rossi di m1

  3. emang jamannya suzie,,
    dulu gak ada lawan di jalan, RGR150 seliweran
    rokok lucky strike bejibun diwarung2 pinggir jalan, dan alay2 pd waktu itu nongkrong sambil ngudud nih rokok

  4. hmmm…motor legendaris yg bikin nama Suzuki harumm..ngk jadi pelengkap aja kayak sekarang..hu..hu…hu…sedih rasanyua nonton Suzuki di kancah balap…apalagi di Indonesia :mrgreen:

    1. ya namanya juga kompetisi mas bro! jika ada yang kalah pasti dihubungkan dengan hal-hal lain :mrgreen:
      wah… yang Yamaha udah sampeyan bikin ya? berarti batal dibikin nih! :mrgreen:

  5. Ini artikel yang sangat saya tunggu, pertama kali liat Motogp.

    Pada saat itu Kevin Schwantz juaranya, dan klo gak salah ketika Kevin Schwantz Juara dunia lagu “Queen – We Are The Champion” dipakai sebagai Back Sound review perjalanan Kevin Schwantz hingga menjadi juara dunia.

  6. sat lagi. Livery “LUCKY STRIKE”-nya bener-bener keren ….

    anda ketika suzuki datang lagi ke motogp dngan Livery seperti itu pasti keren.

    Velg berwarna putih mnjadi ciri khasnya.

Tinggalkan Balasan ke one08 Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.