Artikel pertama di 2011 nih! Ditujukan kepada para maniak balap GP atau sekarang Motogp khususnya pengguna Kawasaki atau FBK (Fans Berat Kawasaki), sampeyan wajib tahu perkembangan sepeda motor Kawasaki yang pernah terjun ke kejuaraan balap GP modern.
Semenjak keikutsertaanya dalam kejuaraan GP balap motor, Kawasaki telah mengembangkan sepeda motor buatannya untuk mengikuti kejuaraan balap prototype tersebut. Berbagai macam teknologi baru terus ditanamkan dan diaplikasikan pada motor mereka agar kompetitif dalam perlombaan. Namun banyak diantara kita tidak tahu (termasuk saya) bahwa ada desain teknis yang terus dipertahankan oleh Kawasaki pada sepeda motor balap buatan mereka. Yaitu tetap mempertahankan desain chasis dengan menggunakan ย type MONOCOQUE FRAME . Sejak era 500cc 2stroke hingga seri ZX-10R frame jenis/type ini dipertahankan dan terus dikembangkan. Mari kita lihat bersama revolusi frame dari sepeda motor Kawasaki GP berikut ini :
Dari gambar motor Kawasaki buatan tahun 1980an diatas terlihat jelas bahwa frame terbuat dari aluminium dengan type monocoque. Tangki bahan bakar dipasang melekat dengan sasis (kelihatan masih kasar banget ya?)
Selanjutnya kita lihat perkembangannya di akhir tahun 1980an :
Pada gambar diatas type sasis masih sama dengan sedikit perubahan desain (lumayan rapi) ๐ Pada kejuaraan GP tahun 1990 an sampai tahun 2000 awal (sebelum era 4Stroke) sasis monocoque mengalami perubahan desain menjadi lebih modern, ringkas, lebih ringan dan kuat :
Sasis-nya sudah terlihat lebih kompak dan modern ya? ๐ Kemudian saat dimulainya Motogp tahun 2002 dimana pada tahun tersebut masih diadu antara 2Stroke 500cc dan 4Stroke 1000cc, Kawasaki racing factory mengeluarkan sepeda motor balap seri ZX-RR generasi pertama :
Sasis monocoque tersebut terlihat kuat, kompak dan rigid! Tidak berakhir sampai disini, besarnya tenaga tanpa diimbangi sasis mumpuni akan sia-sia. Selanjutnya Kawasaki menggunakan bahan serat karbon pada seri ZX berikutnya sampai pada seri terakhir ZX–10R berikut dengan swing arm-nya! ๐
Walau dalam balapan Motogp Kawasaki belum pernah memegang juara dunia akan tetapi keikutsertaannya menambah aroma kompetisi menjadi lebih seru. Demikian sekilas revolusi frame Kawasaki Racers pada GP 2stroke hingga Motogp. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. ๐
brum brum
yang tiga diatas masih treteng-teng-teng mas! ๐
Kawasaki memang keren! (ngomporin PIBO ganti N250R)
2011 kawasaki ikut gp ngga ya?
masih tanda tanya mas! ๐
mantab gan!
sundul gan Up..up!!
Saya FBK = Fans Berat Kuliner ๐
ha.ha..ha!!! juragan bisa-bisa aja nih! ๐
yg x09 sangar tenan.pake knalpot udang…macem bebek balap era 97an..
ntar ada lagi yang lebih sangar lek! tunggu saat muncul artikelnya ๐
mantep ninjanya….xixixiixx

yg versi hayate ngk ada Pak??
yang hayate gak dapet gambar jeroannya bro! ๐ฅ
sing kenalpot udang mau sangarrrr tenannnnnn.. :p
mengenang kejayaan 2stroke bro! ๐