Kita sambung lagi perjalanan rebuild mesin si Macan π
Head Trail Viar setelah saya ukur diameter ruang bakarnya ternyata lebih kecil dari ukuran standar Honda Tiger, kira-kira selisih 3-4mm. Maka perlu dilakukan penyesuaian di tukang bubut langganan π
Kalau urusan beginian mending serahkan ke ahlinya…
Setelah “disesuaikan” ukurannya dengan diameter liner blok silinder maka selesai sudah acara modifikasi head cylinder ini. Saat ditempel gasket terlihat indah dan presisi
Pekerjaan rumah selanjutnya adalah sitting klep dimana untuk klep buang terlihat lebih menonjol daripada klep isap. Takutnya nanti bakal beradu dengan piston/seher. Ada cara mudah yaitu diserahkan ke tukang bubut sekalian dengan menggerus sitting klep dengan alat, dan cara sulit namun rapi yaitu dengan skur manual. Berhubung saya terbiasa dengan kondisi seadanya maka saya pilih opsi kedua, sekalian bisa untuk kegiatan saat senggang π
Bermodalkan grinding paste hasil malak di tempat om gora dan selang bensin yang dikaitkan dengan batang klep dan obeng akhirnya sukses muter-muter mengikis sitting klep. Tapi sebelumnya batang klep diberi minyak pelumas sebelum dipasang pada bosh klep. Proses ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan, sitting klep yang terbuat dari besi ternyata sangat keras untuk ditaklukkan. Dua telapak tangan saya sukses linu-linu memelintir batang obeng. Sampai saya menulis postingan ini, proses grinding sitting klep belum selesai. Baru sedikit turun daun klep-nya π
Oh ya… satu lagi komponen pendukung datang.
Perjalanan masih panjang mas bro… semoga lancar dan tercapai tujuan. Amiin!
Demikian sekilas info, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama π
linu-linu sedap kie pak, nek nyekur klep π
https://aslimalang.wordpress.com/2015/04/20/mengurus-stnk-duplikat-alias-kehilangan-stnk/
iya mas, pokoknya dinikmati prosesnya… urusan hasil lihat nanti π
the world is playground for men!!!
le ngukur nggo jangka sorong Pak… men kece…
Box minuman itu pas kl buat nyekirr klep..familiar bdw top.
iya om bejo, masih ada 2 lagi dirumah π
Wow joss, headnya sdh pake roller rocker arm ya?
nggak mas, masih pakai yang konvensional nih
wes kapalen durung tangan”e ? π
pokok’e hand made the best hehe
rasanya baru emu-emu alias linu π
kalo jaraknya ketinggian, di skur manual ya bakalan laaaaammmmmaaaaa mas….
tapi kalo emang niatnya buat kegiatan yaaaaa ehehehe….
betul mas, ini sebenarnya nggak terlalu tinggi. tapi memang kerasnya kebangetan π
nggosok wesi wae…liyane nggosok watu je..
iya pakdhe, wesi iso ditumpak’i nak watu ora iso π
pak gawe alat ge skur klep yuk, suwe suwe yo emeng tangane hehehe.
aku ono bahan karo gambare, mutere tetep bolakbalik ora searah
Wah sip kuwi mas… π
Wingi aku meh kebablasan soale nggarape bengi π
mantep…