Service besar si garong


Beberapa waktu yang lalu saya bisik-bisik dengan bu polwan, yang berujung pada tagihan janji untuk jalan-jalan berdua 😆

Karena sudah ditagih maka segera mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk si garong. Khusus si garong, dia memerlukan perlakuan khusus karena saya merasakan bahwa mesinnya sudah kepayahan. Maklum sudah berusia 8 tahun dan saatnya mengganti part yang vital di bagian mesin yaitu kampas kopling dan rantai cam atau kamprat berikut karet tensionernya.

Langsung saja saya bawa si garong ke bengkel mas heri (Rievaspeedshop) yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Sampai disana langsung eksekusi…

Sebenarnya ini adalah bongkar mesin perdana si garong, karena sebelumnya belum pernah bongkar blok silinder dan bak kopling.

Alhamdulillah, kondisi seher masih sehat dan stang seher juga masih baik. Langsung lanjut buka bak kopling…

Kondisi rumah kopling bersih seperti baru :mrgreen:

Tapi kampasnya udah tipis dan gosong 😦

Kondisi kampas ini menyebabkan susah masuk gigi netral dan juga akselerasi terasa berat dan selip. Sebagai part substitusi-nya pulsar 200 saya menggunakan kampas kopling Ninja 150rr. Kalau pulsar 200 tahun yang lebih muda (per kopling 5 biji) menggunakan kampas kopling Yamaha RX-Z. Selain kampas kopling sekalian saya ganti juga rantai kamprat berikut lidah tensionernya.

Semoga jalan-jalan kami besok lancar sampai tujuan dan kembali kerumah dengan selamat tak kurang suatu apa. Aamiin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.