Beberapa waktu yang lalu saya bisik-bisik dengan bu polwan, yang berujung pada tagihan janji untuk jalan-jalan berdua 😆
Karena sudah ditagih maka segera mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk si garong. Khusus si garong, dia memerlukan perlakuan khusus karena saya merasakan bahwa mesinnya sudah kepayahan. Maklum sudah berusia 8 tahun dan saatnya mengganti part yang vital di bagian mesin yaitu kampas kopling dan rantai cam atau kamprat berikut karet tensionernya.
Langsung saja saya bawa si garong ke bengkel mas heri (Rievaspeedshop) yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Sampai disana langsung eksekusi…
Sebenarnya ini adalah bongkar mesin perdana si garong, karena sebelumnya belum pernah bongkar blok silinder dan bak kopling.
Alhamdulillah, kondisi seher masih sehat dan stang seher juga masih baik. Langsung lanjut buka bak kopling…
Kondisi rumah kopling bersih seperti baru
Tapi kampasnya udah tipis dan gosong 😦
Kondisi kampas ini menyebabkan susah masuk gigi netral dan juga akselerasi terasa berat dan selip. Sebagai part substitusi-nya pulsar 200 saya menggunakan kampas kopling Ninja 150rr. Kalau pulsar 200 tahun yang lebih muda (per kopling 5 biji) menggunakan kampas kopling Yamaha RX-Z. Selain kampas kopling sekalian saya ganti juga rantai kamprat berikut lidah tensionernya.
Semoga jalan-jalan kami besok lancar sampai tujuan dan kembali kerumah dengan selamat tak kurang suatu apa. Aamiin!