Langsung saja, beberapa waktu yang lalu saya bawa mobil yang memang sudah beberapa lama tidak digunakan. Saat jalan rasanya ada yang tidak beres, mobil bawaannya pengen jalan ke kanan. Wah, pasti ada masalah di roda kanan depan. Sampai dirumah saya cek, ternyata benar… Velg terasa panas. Berarti piston kaliper tidak mau balik alias menekan disk/cakram. Nggak mau repot, mobil langsung saya bawa ke bengkel teman saya.
Kebayang susahnya lepas roda untuk pertama kalinya, karena semenjak dibeli roda ini belum pernah dilepas
Setelah melalui proses yang lama dan penuh perjuangan, akhirnya roda bisa dilepas. Dan benar, masalah memang ada di piston kaliper.
Roda susah berputar karena piston menekan disk tapi tidak bisa kembali.
Selanjutnya kaliper dibongkar, dan ini penampakan kotoran dan karat pada piston.
Cara melepasnya cukup mudah, tinggal kocok master rem maka piston akan terdorong keluar. Setelah itu lepas kaliper dan dibersihkan.
Tinggal pasang kembali seperti semula, sekalian cek juga kampas rem, sil piston dan sil debunya. Pasang kembali kaliper, buang angin yang ada di kaliper dan selang rem dengan cara master rem dimainkan sambil oli rem diisi. Jika gelembung udara sudah hilang injak tuas rem secara penuh dan kencangkan baut pembuangan oli di kaliper. Setelah selesai maka proses buang angin sukses. Pasang kembali roda dan rem kembali lancar seperti semula. π
Demikian sekilas info, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama π
semi DIY.. si kinclog taruna kilometernya sekarang berapa pak? π
Udah 60200an
gampang ya (teori-nya? π
lho, taft-nya kemana pak?
https://aselimalang.com/2016/04/18/modifikasi-honda-cb150r-thailook/
Nyopot ban-ne sing bikin kemringet sam! π
minjem tools-nya rio π
tinggal colok…ganti taruna to pak
Nggak mas, duluan ini dari taft-nya
Ooo
mobil motor kokehan, nganti do ra kanggo njur ngrepotin, untung ra dirayapin π
Mung nyilih kok kang… π
disilihi diripyu njur entuk amplop ora? π
Amplop kosong π