Masih dalam rangka hidup hemat, kali ini saya mencoba memperbaiki master rem Bajaj Pulsar 200 yang mulai bocor. Maklum saja, motor lansiran 2008 ini sudah berumur hampir 8 tahun π
Gejala awal oli rem yang ada didekat master rem terasa cepat habis. Dan yang jelas pada master rem terasa basah dan cepat kotor. π¦
langsung saja cek dengan melepas tuas rem. Dan…. Haduh, mirip lumpur comberan.
Tapi sebelum melangkah lebih lanjut, sangat dianjurkan untuk melindungi bagian cat yang kemungkinan kena cipratan oli rem seperti tangki,Β headlamp dan spatbor menggunakan kain. Karena oli rem bisa merusak cat.
Mari kita bongkar…. Ternyata ring clip penguncinya dalam kondisi rusak dan patah.
Mungkin ini penyebab bocornya seal karet master, atau malah bisa sebaliknya… Sil master bocor dan meyebabkan karat dan merusak ring clip ini. π
Daripada bertanya-tanya duluan telur atau ayam mending cari referensi part substitusi untuk seal master rem pulsar 200 ini. Dan menurut beberapa tulisan yang saya baca, katanya bisa menggunakan seal master rem Yamaha FIZ-R. Saya mencoba beli dan ternyata harganya cukup murah.
Setelah sampai rumah saya coba bandingkan, ternyata…. Zonk! π
Masih gedean seal pulsar.

Akhirnya nggak jadi saya pasang π
Kemudian seal asli Pulsar 200 tadi saya pasang kembali dengan menggunakan ring clip dari Yamaha Fiz-r yang saya beli tadi.
Ketika sudah terpasang saya mencobanya menggunakan air, pas master rem ditekan terlihat bagus. Setelah berkali-kali ditekan ternyata mulai terjadi rembesan lagi. Wah… Berarti memang seal master yang luar minta diganti. Padahal ukurannya jelas beda dengan yang saya beli (Fiz-R).
Akhirnya putar otak dan dapat ide konyol dan kemungkinan besar bisa diaplikasikan. Apa itu…?
Ambil isolasi karet, potong selebar rumah seal master rem.
Lilitkan sebanyak 1 atau 2 putaran tergantung seberapa aus seal master tadi.
Kemudian diusahakan potongan ujung isolasi sejajar dengan ujung yang menempel di batang master rem biar ketinggian isolasinya rata/sama.
Pasang kembali seal master rem tadi dan terakhir berdo’a semoga bekerja dengan baik
Setelah terpasang terlihat karet bibir seal master posisinya lebih membuka π
Rangkai kembali isi master rem sesuai dengan urutannya.
Sebelum dipasang alangkah baiknya dicoba terlebih dahulu menggunakan air, apakah bekerja dengan baik atau gagal. Dan untuk master rem saya ini semua berjalan baik, tidak ada lagi rembesan pada master rem-nya. Keringkan menggunakan kompresor
Selanjutnya master dipasang di stang motor dan persiapan transfusi oli rem-nya.
Pompa dan buang angin yang ada didalam master rem sampai ke kaliper, setelah gelembung angin hilang tekan dan tahan tuas master rem lalu kencangkan baut pembuangan oli. Jadi deh….! Langsung saya coba bawa jalan-jalan dan alhamdulillah tidak ada permasalahan di sektor pengereman.
Demikian cerita saya tentang memperbaiki master rem, ingat… Ini hanya solusi sementara karena keterbatasan part dan juga duit. Kalau dapat part aslinya langsung ganti saja π
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama π
Posted from WordPress for Android
Wes rembes sitik…
nah… cek wae yug. π
Bocor..bocor..mbengkel lg..
http://sebarkan.org/2016/02/08/dibalik-kesuksesan-cristiano-ronaldo-ada-kisah-haru-yang-tersimpan/
Hemat sis… Maklum π
Hehe..joss..
Ganti tromol ae pak,custom lho
Podo wae, mengko nak kampase entek yo mung diganjel utowo tuase digeser π
nyimak π
http://bmspaces.com/wp/2016/02/08/ini-baru-greget-sepasang-kekasih-dibegal-ternyata-apa-yang-terjadi-selanjutnya/
Begitu dapet part nya lbh baik ganti. Resiko bermain2 dgn rem soalnya behehehe
http://macantua.com/2016/02/08/yamaha-semestinya-bisa-bangkitkan-kejayaan-rx-king/
Betul.. Setuju π
sementara bisa sementahun kie mas π mantep solusinya
nitip, sesama bajaj http://aselimalang.com/2016/02/09/hot-lagi-kawasaki-bajaj-p200ns-cuma-idr-17-400-000-otr/
Asal seal sebelah dalam masih bagus fungsi rem tetap normal kok mas, punyaku aja tak hard braking nggak nyeples tuh
Tiger saya rem depannya nyelonong Mas…solusinya saya ikhlas terima keadaan begitu wkwkw… Btw, Terima kasih sekali atas waktu dan sambutan dan sΓ€te pak pong -nya…
Ha.ha… Nyelonong didiemin kebangetan π
Kapan2 kalau lewat jogja silahkan mampir mas bro… Jangan sungkan2 π
sementsra ki nek kelingan…biyasane yo lali nganti pirang2 taun π
Ha.ha… Kalau gak rembes ya lanjuuttt….
Wah jangan2 piesku jg bocor(bocor alus kyaknya) lama baliknya saat d’rem, master rem cpet kotor(pdhal lum ad 1 bulan Q bersihkan n ganti minyak) minyaknya jg berkurang.
Udh 4 kali Q nguras n gnti minyak ampe bli yg dot 4(2 X ini pke, mw tk kuras lgy) gk ad perubahan, ring klip berkarat parah tp gk ampe patah, heran Q pdhal ketutup karet tp kok bisa berkarat, jarang kehujanan jg
dicek aja dulu mas bro, siapa tahu masih bisa diselamatkan π
Iya bro.. Setelah d’bersihkan normal tp 2 mingguan kumat lgy, udh 4 kli(klo gk salah) Q mbersihin, moga kli ini awet.
Gk ad yg cacat cma ad kyak serbuk gtu, pdhal udh bner Q bersihin ampe yg terakhir Q kuras semua, Q ganti dot 4 tp lum ad 1 bln seret lgy, kotor lgy