Mari kita lanjutkan kembali cerita tentang pembuatan sub-frame Tiger Scrambler, sekarang beralih ke pembuatan rangka penyangga mesin yang sengaja saya pilih model knock down agar mudah saat service mesin.
Pada ujung bawah pipa penyangga sub-frame di buat melengkung dan di las dengan besi penyangga pijakan kaki bawaan rangka. Bagian pipa yang melengkung ini diisi dengan besi padat untuk memperkuat sambungan pipa yang nanti digunakan sebagai lubang baut penyambung rangka seperti gambar berikut.
Kemudian untuk bagian depannya saya masih menggunakan engine mounting bawaan Tiger yang sudah dibuatkan lubang untuk diisi pipa besi. Pipa besi ini selanjutnya disambung dengan las dengan pipa penyangga mesin.
Penampakan kasarnya kurang lebih sebagai berikut :
Langkah selanjutnya adalah membuatkan penyangga sub-frame yang terhubung dengan main frame. Tapi sebelumnya harus membuatkan lubang as lengan ayun yang dibuatkan di tukang bubut agar rapi dan kuat menggunakan besi padat.
Posisi segitiga disebelah kiri as lengan ayun pada gambar diatas akan diisi dengan plat besi tebal untuk menghubungkan pipa dengan lubang as lengan ayun. Kalau ini harus beli di tukang rongsok besi ๐
Sampai disini dulu cerita pembuatan rangka Honda Tiger Scrambler, kita sambung lagi di lain kesempatan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama ๐
Juossss… aku kudu nyili alat bantune ki… kikir disit akh
halah…. ๐ฆ
xixixi lah nukang koyo ngene mosok nyilih nggon nguli, ngko ra berkah ๐ . nek nyilih konco kan berkah soale tambah do’a
ha.ha…. Amiin! ๐
semoga kagak rontok kena getaran engine nan jahat…
He.he… Tenang lekdjie, baut itu nanti juga berfungsi sebagai baut footstep depan ๐