Nimbus Motorcycle, Denmark punya cerita….


fisker

Sudah lama tidak menulis sejarah motor :mrgreen:

Mumpung lagi senggang kali ini saya akan menuliskan sejarah singkat sepeda motor Nimbus buatan Denmark.

Pabrik Nimbus didirikan oleh Hans Marius Nielsen dan Peder Andersen Fisker pada tahun 1906, perusahaan ini dengan cepat menjadi terkenal dengan produknya berupa motor listrik berkualitas tinggi, switch gear, dan produk-produk logam.

Kemudian sekitar tahun 1919 pabrik ini membuat sepeda motor pertama yang dijuluki the stovepipe’ atau cerobong asap. Julukan ini muncul karena bentuk tangki bensin tubular yang berukuran besar. Model ini menggunakan mesin dengan konfigurasi Inlet-over-exhaust didesain sangat modern (untuk saat itu) dengan menggabungkan banyak fitur yang ditemukan pada kendaraan bermotor.

Nimbus Stovepipe

Fitur tersebut antara lain, mesin 4 silinder in-line, 3-speed gearbox dan singleplat kopling dengan drive shaft ke roda belakang. Motor ini telah melalui tahap perbaikan menjadi versi B’, sebelum produksi berhenti pada tahun 1928, saat itu  sebanyak 1.252 unit sepeda motor telah diproduksi.

TypeA 1922-001

Model “B” ini memiliki kualitas mesin yang baik dan performa yang handal, namun dengan harga jual yang tinggi dan pemasaran yang buruk motor ini menjadi kurang laku di pasaran.

Selanjutnya kita menuju ke tahun 1934. Setelah model “stovepipe” mati suri dan seiring membaiknya ekonomi masyarakat maka diprediksi kebutuhan kendaraan akan meningkat pesat, Fisker kemudian mengambil keputusan untuk membuat kembali sepeda motor. Pada awal tahun 1930-an dengan dibantu anaknya Anders Fisker bekerja keras untuk mendesain ulang motor mereka “Stovepipe” versi B dengan ide-ide baru dan perbaikan teknis.

nimbus-rr1Maka lahirlah model baru dengan kode nama model C, motor ini dikenal juga dengan nama “bumblebee”. Julukan ini diberikan oleh warga Denmark karena suara “buzzy” mesin yang dikeluarkan oleh knalpotnya.

Pada saat yang sama ketika sepeda motor-motor buatan Inggris sedang berjaya dengan mesin besar silinder tunggal-side valve, berpenggerak rantai dengan garpu depan dan rangka yang berat, kebanyakan tanpa lampu penerangan dan pengendara diharuskan menggunakan sepatu penahan oli mesin, Pabrikan Fisker & Nielsen Ltd di Denmark menawarkan sepeda motor yang ringan dan gesit dengan motornya Nimbus Model C‘ dengan mesin empat silinder inline, overhead camshaft, drive shaft ke roda belakang dan ditambah berbagai fitur yang sangat inovatif lain menjadikannya motor yang melampaui jamannya.

Nimbus 750cc

Dan sekarang mari kita melihat mesinnya dari dekat 😉

engine

engine-cutaway

Spesifikasi :

746cc 4 cylinder – air cooled
Bore x Stroke                          = 60mm x 66mm 3 oversize re-bores possible
Firing sequence                      = 1 – 3 – 4 – 2 (front cylinder is No1)
Compression                           = 5.4:1 Standard
5.7:1 Sport model
Power output                           = 18BHP Standard
22BHP Sport model
Overhead Cam (enclosed)
Exposed valves and rockers
Valve Clearance Inlet              = 0.3mm (12 thou) engine cold
Valve Clearance Exhaust        = 0.7mm (28 thou) engine cold
Maximum ignition advance   = 37 degrees before top dead centre
Ignition Contact breaker gap = 0.6mm (24 thou)
One piece cast-iron block
Alloy sump pan
Cast iron head with integral inlet manifold
Single carburettor
Wet sump

Demikian sekilas tentang Nimbus Motorcycle, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

6 tanggapan untuk “Nimbus Motorcycle, Denmark punya cerita….”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.