Hampir setahun nggak dipakai, si Kucing Ireng tadi pagi saya keluarkan dari kandang. Saya bersihkan sedikit dan kemudian cek tangki bbm… wew, bensin sudah menguap dan tutup bagian dalam terdapat semacam lapisan kerak yang lebih mirip lendir, lengket sisa endapan bensin. Kemudian baut mangkuk karbu saya putar agar endapan bensin keluar, tapi kok nggak keluar bensinnya? Wah jangan-jangan saluran karburator buntu gara-gara endapan lengket tadi? Akhirnya saya bongkar… Dan benar, jarum pelampung lengket tidak bisa bergerak. Pilot jet dan main jet buntet, dan di saluran bensin dari selang ke karbu ada semacam gemuk/grease yang menutupi pipa bensin. Wah, jadi bersih-bersih juga… 😦
Semua bagian yang ada di mangkuk karburator menghitam dan berkerak.
Agar kembali normal harus dibersihkan dengan teliti dan bersih. Jadilah saya seharian bersih-bersih karbu… 😥
Pelajaran yang saya dapat kali ini adalah, jika mesin tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama maka alangkah baiknya bbm didalamnya dihilangkan agar tidak menguap lalu mengendap menjadi lapisan lengket yang dapat menganggu kinerja karburator. 😀 Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉
Saking akehe motor.wkwkwk
He.he… bukan itu cak, karena gak ada waktu buat pit-pitan 😀