Sepeda Motor Matic sederhana, dengan transmisi satu-satunya yang pernah dibuat karena saya lupa skemanya


Dua hari belakangan ini banyak berita heboh, mulai dari aksi bersih-bersih Wads hingga berita tentang calon matic gambot baru dari Yamaha bernama NMax dan rumor pesaing dari Honda bernama Forza. Tapi biarlah berita heboh ini diwartakan oleh rekan-rekan bloger lain, karena saya tidak memiliki bahan cerita tentang motor baru tersebut :mrgreen:

Kali ini saya juga akan menulis tentang sepeda motor matic juga, tapi matic sepeda bermesin. Bukan karena saya tak mau kalah dengan rekan-rekan yang lain, namun ini sekedar menjawab pertanyaan di wall FB saya mengenai transmisi penerus daya di sepeda bermesin si Kucing Ireng yang sudah sekian lama tersimpan di pojok kamar. Berikut kutipan pertanyaan tersebut :

ask

Ok, mari kita bongkar dan melihat bersama-sama bagaimana transmisi sepeda saya yang bikin penasaran mas Hery ini. Sebelumnya mohon maaf, karena sudah lama tidak pernah saya pakai dan cuma disimpan di pojok kamar maka si Kucing Ireng sudah bertransformasi menjadi Kucing Buluk’an. 😦

IMG_20150126_164506

#saya sengaja tidak watermark karena merusak pandangan, harapan saya semoga tidak terulang lagi gambar sepeda bermesin saya digunakan untuk menipu orang di web jual beli… ingat dosa tau!!! 

Mari kita bongkar rumah transmisi disebelah kiri mesin sepeda ini, memang joss kerjaan mas wakhid ini. Sang empu sepeda mesin yang bisa mewujudkan konsep yang saya sampaikan 😀

IMG_20150126_164524

Dan inilah hub transmisi yang bikin penasaran mas Hery :mrgreen:

IMG_20150126_165023

Jujur saya sampaikan, hub transmisi ini sejatinya ide dan karya original mas wakhid dengan memanfaatkan gir timing camshaft motor bebek yang langsung dilas pada bubungan rumah laher. Namun pada gambar diatas saya sedikit memodifikasi di tukang bubut dengan menambahkan dan menggabungkan gir free wheel belakang sepeda dengan gir timing camshaft tersebut menggunakan las listrik. Tujuannya agar memperingan kerja mesin dan juga pengendara saat mengayuh sepeda ini. Seingat saya ada 3 bagian penyusun hub tersebut yang berisikan dua laher dan free wheel yang berada diantara laher tersebut.

IMG_20150126_165037

Dan untuk menyusunnya menggunakan ulir drat yang saling berlawanan dengan arah gaya putaran free wheel. Dan parahnya…. dulu catatan konsep saya lupa/ilang tertinggal di tukang bubut. Jadinya saya pusing juga kalau diminta menjelaskan bagaimana komposisi ulir drat yang berlawanan tersebut 😥

Jadilah hub diatas adalah satu-satunya yang pernah saya buat di tukang bubut, kalau mau dibongkar lagi kemungkinan bisa tapi dengan cara harus merusak komponen hub yang sudah terikat erat tersebut, kan sayang… mana bikinnya lumayan mahal juga 😥

Demikian mas Hery, semoga mendapatkan gambaran tentang hub sepeda bermesin diatas. Kalaupun masih bingung monggo silahkan ke rumah dan melihat langsung, dan kalau nanti pas ingat tak bikin corat-coret sketsa-nya 😀

Iklan

17 tanggapan untuk “Sepeda Motor Matic sederhana, dengan transmisi satu-satunya yang pernah dibuat karena saya lupa skemanya”

      1. ganti lampu sepeda unto mz, kasi led senter, tetep pake dinamo roda saja, kasi penstabil tegangan… padiaaang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.