Sejak diperkenalkan pertama kali pada Tokyo Motor Show ke 15 pada bulan Oktober 1969, produk Honda Jepang yang satu ini sudah membuat gempar para pengunjung yang melihatnya.
Pada waktu itu pengunjung disuguhkan sebuah sepeda motor yang cantik dan modern dengan menggunakan mesin SOHC 4 silinder segaris dengan nama CB750.
Tanpa berlama-lama setelah memasuki line produksi motor ini mendapat sambutan yang hebat di pasar Jepang dan dengan cepat menembus pasar Amerika.
Motor ini disebut konsumen Amerika sebagai “superbike” karena penuh fitur yang menarik dan dijual dengan harga yang terjangkau pada waktu itu sehingga membuatnya menjadi idaman bagi konsumen negeri paman sam. Dengan kecepatan tertinggi mencapai 120 mph/193 kph dan power mesin 67hp, motor ini cukup memenuhi hasrat konsumen akan sepeda motor yang nyaman, stylish dan powerfull.
Dan bagi yang penasaran tentang ada apa dibalik bongkahan mesin yang cantik ini, silahkan melihat diagram dari mesin Honda CB75o ini 😀
Keterangan :
- Camshaft
- Camchain
- Camchain tensioner
- Crankshaft
- Primary chain
- Primary driven sprocket
- Clutch
- Kick starter spindle
- Final driven shaft
- Mainshaft
- Countershaft
- AC generator
Kemudian berikut ini jalur pelumasan mesin Honda CB750 yang memiliki tangki pelumas tersendiri pada bagian sisi kanan dibawah sadel.
Kalau yang hitam gagah juga ya?
Bagaimana menurut pembaca sekalian…. cantik bukan?
Demikian sekilas tentang Honda CB750, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.
tangkinya mirip cb100 yo..
pas protoype malah mirip tangki 90z 😀

cantik bingits..sensasi swing–swingnya yang luar biasa..
jadi pingin…tapi yang 4 liter ajah 😉
pengen juga mas… tapi….. 😦