Sebenarnya ini perkara mudah, cuma kalau ingat repotnya jadi bikin tulisan di blog. Bermula dari kebiasaan saya yang seneng service motor sendiri dan ganti oli sendiri. Biasanya dirumah sering urus motor jepang yang mur dan bautnya pake kunci ukuran 8-9-10-12-14 dan 17. Pas giliran urusi si 6420NG alias Bajaj Pulsar ada ukuran baut yang jarang ada di motor jepang yaitu pake kunci 16. Seperti pada baut tap oli mesin. 😦 Selama ini saya ganti oli terpaksa dibengkel teman saya yang punya kunci shock panjang ukuran 16. Sedangkan saya cuma punya T 17 panjang. Butuh kunci yang panjang karena letak baut tap oli pulsar letaknya disamping dan mepet rangka. Nah, berhubung saya ingat kerepotan tersebut akhirnya baut tap oli pulsar saya ganti dengan ukuran kunci 17, kebetulan ada yang ulir dratnya sama 😀
Gambar diatas baut tap oli asli Bajaj Pulsar dengan ukuran kunci 16. Dan gambar berikut adalah baut pengganti berukuran kunci 17 yang sudah terpasang. Pakailah ring almunium sebagaimana ring baut yang asli agar oli tidak bocor.
Sip kan…. Sekarang bisa ganti oli sendiri dirumah dan tak perlu repot-repot ke bengkel.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉 Posted from WordPress for Android
kinclong tenan..rangkane karo bodi cs 1 ku luweh kinclong rangkane,blaik…
http://mumet-ndhase.com/2014/11/16/masih-tentang-demo-menentang-ahokdan-saya-masih-mumet-ndhase/
Walah… Ini udah sebulan lebih gak kena air lekdjie, bahkan habis dipake ujan-ujanan juga 😦
baut ukuran 16 ?
kunci ukuran 16 kali mas.
kalo baut yang di pake ukuran lebar atau diameter ulirnya,
M16 –> diameter baut nya 16 mm.
heheh maap saya jd bingung.
contohnya di baut block mesin, itu ukuran M6, bisa pake kunci 8, atau pake kunci 6.
Yaitu dia, saya juga bingung 😀
Makasih infonya mas, maklum bukan jurusan teknik