Hari libur ini seperti biasa saya mengisi waktu luang untuk melakukan apa saja yang sekiranya ada manfaatnya, dan kali ini saya melakukan pemeriksaan ringan si Kebo yaitu Daihatsu Taft GT.
Sudah beberapa lama saya tidak membersihkan area mesin diesel si Kebo. Ternyata cukup kotor juga 😦 Banyak debu yang menempel di bagian dalam mesin.
Kemudian ketika melongok ke bagian bawah mesin…. he.he.. kok basah begini? Hadew, bikin kerjaan tiarap alias ngolong lagi nih! 😦
Terlihat pada gambar diatas, bak oli atau oil pan pada mesin diesel ini basah. Kesimpulan saya pasti ada mur dan baut yang kendor. Maklum saja, mesin diesel ini getarannya besar beda dengan mesin bensin yang halus. Segera saya persiapkan alat-alatnya berupa kunci socket ukuran 12. Dan perjuanganpun dimulai… 😦
Tuh kan…. hampir semua mur dan baut bak oli kendur. Pegel juga ngolong terlentang menahan beban kunci socket sambil mengencangkan mur/baut yang berjumlah 24 buah (sambil bela-belain bawa camera ambil gambar karena semangat ingin berbagi di blog) 😥
Sesudah semua dirasa cukup kencang, saya beralih ke sektor mesin. Semprot sana-sini pake solar (sedot tangki) dan beberapa bagian dibersihkan dengan kuas. Dirasa sudah cukup bersih akhirnya mesin saya nyalakan…. tapi kok ada yang aneh nih! 😯
Apa yang aneh, saya ceritakan besok saja ya! lagi capek ngetik nih! 😀
Periksalah secara rutin kendaraan anda, bagian yang mudah bisa kita periksa sendiri sementara bagian yang susah periksakan ke bengkel. Karena kendaraan yang terawat akan memudahkan perjalanan kita.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉
Harusnya minum jamu galian singset….biar gak kendor #upsss 😦
http://potretbikers.com/2014/11/02/firsts-in-the-cabin-isuzu-gvr-34h-285ps/
Ha.ha… Sekalian galian pipa atau kabel juga mas :lol;
Kebo kok kinclong..kebo ki bulukan..
Kebo bule kok lekdjie