Masih melanjutkan cara setel menyetel kemarin, kali ini saya akan menunjukkan cara setel kopling Honda Bebek/Cub. Mungkin banyak yang sudah bisa, tapi tidak ada salahnya saya sampaikan lagi 😀
Terkadang kita merasakan bahwa saat menginjak persneling motor bebek terasa menghentak dan kadang ada juga yang merasa terlalu dalam jarak main koplingnya. Itu bukan berarti ada masalah pada kampas koplingnya, biasanya disebabkan setelan kopling perlu diset ulang.
Caranya juga tidak terlalu sulit, hanya memerlukan obeng (-) dan juga kunci ring 14. Mari kita siapkan peralatannya 😀
Langsung saja kendorkan mur pengunci dengan kunci ring 14
Kemudian putar dan setel bolt adjusting dengan menggunakan obeng (-).
Standar setelannya adalah “putar bolt adjusting tersebut ke arah kiri sampai mentok, kemudian putar perlahan kekanan antara 1/8 sampai 1/4 putaran obeng”. Sesuaikan dengan kenyamanan operasional persneling yang biasa kita lakukan. Gampangnya kalau terlalu kekanan kopling menjadi dangkal/pendek jarak mainnya, sedangkan kalau terlalu mentok kekiri kopling semakin dalam/panjang jarak mainnya 😀
Kalau sudah merasa pas, tahan setelan dengan obeng (-) dan tinggal kencangkan mur penguncinya.
Selesai sudah cara setel kopling Honda bebek/cub, untuk mengetahui sukses tidaknya setelan kita tadi dapat dilakukan dengan cara kita berdirikan dan naiki sepeda motor kita, nyalakan mesinnya kemudian injak pedal persneling sampai mentok, tahan dan jangan dilepaskan. Kemudian buka gas secara perlahan, rasakan… jika roda tidak bergerak berarti kita sukses. Tapi kalau roda bergerak berarti kita apes dan harus setel dari awal
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉
siap suhu
suhu berapa celcius mas ari? 😀
Revone jek apik… ra tau dinggo ki…
sebenare malah parah yug, mika belakang hancur keseruduk truk diparkiran, mo beli susah dapat barangnya 😦
Digawe custom sisan pak camat..eh,kliru..pak kadin pariwisata..eh,kliru neh..pak blackcat,xixixi
??? 😯
Sip sangat bermanfaaattt…
Aq dulinan nyetel ini nggae Super Cup 700
Sik sok²an nyetel n mbersihin karbu dewe, tiru² bapak…
Tahun 80an akhir n 90an awal 🙂
Sayang spedahe karatan saiki 😦
—–
http://nyobamoto.com/2014/10/29/benarkah-lautan-pasir-bromo-angker-untuk-newbie-sports/
Weh… Harta karun iku Sam! 😯
Bersejarah lho… Cikal bakal supra cub
cie cie satu misi never lasting ngartikel cieeee
ketularan WD garage 😀
selama mesin bakar masih ada tulisan semacam ini masih bermanfaat mas bro! 😉
mas kok pas mutar baut setelannya kekiri pake obeng (-) kok berat malah gak muter sama sekali giman y mas?
kasih pencerahannya sih mas!!
itu berarti setelan sudah mentok mas, kalau persneling masih dirasa enak gak perlu di stel lagi, kalau pengen di stel silahkan ikuti caranya diatas 😀
Salam…
Bos saya mau nanya… ada motor teman saya porsnelingnya hanya bisa sampe 2 saja, kalo mau masukin ke porseneling 3 dan 4 handle porsnelingnya keras.. itu kenapa ya bos..???
menurut saya ada dua kemungkinan, pertama mekanisme persneling (gigi bintang dll aus) yang kedua kampas kopling dan plat kopling sudah habis. untuk mengetahuinya mau tidak mau harus bongkar kopling house dan dicek satu persatu, kalau salah mohon dimaafkan 😀
mas motor saya koplingnya tak seting malah persening nya jadi keras pindah giginya itu kenapaya
Cara stel-nya pasti salah mas, coba ikuti pelan-pelan petunjuk diatas. Sambil sesekali dicheck jarak main pedal persnelingnya. Semoga berhasil. 😀
kok pas saya sela ngelos ya mas , itu knp ya?
Terlalu kencang tuh mas 😀
mas, kalau sudah di stel, saat posisi mesin mati, trus masuk gigi 1, yang bagus itu rodanya mentok (ga bisa diputer ke depan) atau masih bisa diputer kedepan, walaupun berat?
Masih bisa diputar mas 😀
Oke, saya kira kalau masih bisa diputar, itu malah ga bagus, ternyata salah, hehe..pantes motor saya persneling nya kurang enak..makasih mas
salam…
halo mas saya pas nyetel, bolt adjusting nya malah patah. gimana ya mas
Kok bisa? 😯
Berarti sampeyan kuat banget bisa patahin bolt-nya. Kalau patah ya harus ganti baru mas. Bawa aja ke bengkel terdekat.
Apakah menyel kompling ini bisa membah top speed atau enak di gunakan pada putaran mesin rendah
Apakah menyetel kompling ini bisa membah top speed atau enak di gunakan pada putaran mesin rendah
Mantap om sharingnya….