Penggunaan mesin diesel pada sepeda motor masih sangat jarang diterapkan, karena bobot mesin diesel terkenal berat, getaran mesin berikut torsinya sangat besar sehingga agak sulit jika diaplikasikan pada rangka sepeda motor yang kecil. Tetapi lama-kelamaan anggapan itu hilang, apalagi setelah melihat Motor Diesel berikut ini, EVA Track T-800CDI.
Motor ini dibuat di negeri Belanda dengan dipersenjatai mesin diesel 3 cylinder inline, 2 valve per cylinder Common rail fuel injection dan berpenggerak roda belakang gardan dengan CVT seperti motor matic 😀
Desain motor dan rangka dibuat untuk menandingi KTM 990 Adventure dan BMW R1200GS. Untuk menandingi mereka Track T-800CDI ini juga menggunakan WP Suspension dan rem Brembo.
Panel digital di dashboard sangatlah sederhana, hanya ada penambahan GPS dan alat navigasi lain yang bisa dipasang secara optional.
Sekarang kita lihat sektor mesinnya 😀
Displacement: 800 cc
Max output: 33/45 kW/bhp at 3000 tot 4500 rpm
Max Torque: 100 Nm at 1800 rpm
Cylinder position: In line
Number of cylinders: 3
Compression ratio with fueltype: 1:18 Diesel V-Power / Bio-Diesel
Valves per cylinder: 2
Pressure: Turbo 1.25 bar + Intercooler
Gasgrip: Fly by wire electronics
Clutch: centrifugal
Gearbox: Continuous Variable Transmission
Primary drive ratio —
End Drive: Cardan
End ratio: 1.58
Fuel consumption: Pure Plant olie / Bio-Diesel / Diesel
90 km/h: 2.5 – 2.1Lltr/100 km
120 km/h: 3.5 – 3.1Lltr/100 km
175 km/h: 4.7 – 4.2Lltr/100 km
0-100 km/h: (3.75)sec
Top speed: 175 km/h
Cukup lumayanlah buat acara turing-turingan, tapi CVT-nya itu yang nggak nahan 😆
Lumayan juga ya spesifikasinya, kalau melihat sosoknya dari depan malah jadi ingat Pulsar 220
Berikut ini video Track T-800CDI dari Youtube :
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉
mirip domba garut cs1
http://roda2blog.com/2014/10/10/tank-merkava-hancur-diterjang-roket-hamas/
wah… dodol garut 😆
sik… pengen ndelok MBT Israel remuk
3 silinder?mesti ra ndredek koyo dongfeng nu
http://mumet-ndhase.com/2014/10/09/wowlivery-ninja-zx-10-r-buat-superbike-inggris-ini-cukup-menghibur-ganga-bikin-mumet-ndhase-kura-kura-ninja/
tetep aja testimoni vibrasi masih ada pas akselerasi awal, tapi secara umum masih bisa ditolerir 😀
CS1
P220 😆
Lampune mesti padang ki… 😎
jadinya “night riding with seeing anythings” 😆
seeing mbak mbak…
Ealah….. Wani po? 😈
Wich…diesel pastinya geternya bikin sensasi tersendiri…hehehe
**Dasdoardnya biking ngiler, GPS & HT terpasang cantik 😉
http://potretbikers.com/2014/10/10/honda-cbr150r-dual-keen-eyes-vs-yamaha-yzf-r15-penting-nggak-ya-saklar-pass-beam-cut-engine/
Bonus fitur fibrator 😆
weleh..irit banget yo
😀