Legenda Motor Balap Honda (RC112)


Mari kita lanjutkan lagi sejarah tentang Legenda Motor Balap Honda, setelah kemarin sampai pada kode RC110/111 sekarang kita lihat bersama Motor Balap Honda dengan Kode RC112. 😀

history_986

Masih menyambung dengan artikel sebelumnya disini, dari catatan yang ada bahwa antara Tahun 1962 hingga Tahun 1965 Honda telah membuat empat (4) mesin balap 50cc twin cylinder dengan model dan type berbeda.

Terlihat jelas bahwa dana tidak menjadi persoalan  bagi Honda untuk membuat dan mengembangkan engine castings/cetakan mesin dan konvigurasi mesin yang beragam.

RC112, 1962 Honda GP racer .1

Keempat produk mesin balap Honda 50cc pada waktu itu berpendingin udara 4 stroke twins dengan gear driven overhead camshafts.

RC112, 1962, engine 1

Honda RC112 1962 ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :

2 valve DOHC engine, 49.61cc, bore 33.0mm x stroke 29.0mm, listing over 10bhp at 17,500rpm, 0.45kg of torque at 15,000rpm, magneto ignition, wet sump, 9 speed gearbox, 62.5kg machine weight, drum brakes SLS front and rear, tyre sizes 2.00-18 front and 2.25-18 rear, max. speed over 140kph(87mph).

rc112robbanderson

Dalam sejarahnya Honda RC112 ini pernah memenangi kejuaraan balap 50cc untuk pertama kalinya pada All-Japan Road Race di Suzuka. Ridernya pembalap No.11 Tommy Robb.

Demikian sekilas sejarah tentang Honda RC112, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 😀

15 tanggapan untuk “Legenda Motor Balap Honda (RC112)”

    1. Puncak penemuan teknologi mesin bakar memang diera 60-70an, kalau sekarang sih tinggal pengembangannya saja dan disesuaikan dengan kebutuhan 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.