Ascot Pullin 1929 500cc 1 cyl ohv, Desainnya terinspirasi mobil


Selamat hari Senin pembaca yang saya hormati, hari ini kembali kita bersama-sama belajar tentang sejarah sebuah motor unik, motor yang sangat inovatif di masa itu. Inovasi tersebut terlihat dari sisi desain dan juga fitur kelengkapan yang tersemat di motor ini. Ok, Daripada berpanjang lebar mari kita langsung ke motornya :mrgreen:

P1

Berikut sejarah singkatnya, Sepeda motor Ascot Pullin diatas merupakan salah satu contoh karya/desain sepeda motor pemenang lomba balap TT (Tahun 1914) Cyril Pullin,Β  yang masih tersisa saat ini. Desainnya yang revolusioner sangat menarik perhatian pada waktu itu. Ascot Pullin pertamakali diperkenalkan pada Tahun 1928 dan diproduksi di Letchworth , Hertfordshire , oleh Ascot Motor dan Manufacturing Company .

p3

Pada saat diperkenalkan, motor ini disebut dalam iklannya sebagai ‘The New Wonder Motorcycle’. Dimana dalam motor ini tersemat berbagai macam fitur yang terinspirasi oleh mobil-mobil yang diproduksi pada saat itu. Akan tetapi ceritanya fitur-fitur modern tersebut kurang berhasil menarik minat konsumen sepeda motor yang terkenal sangat konservatif. πŸ˜€

p4

Motor ini menggunakan mesin model horisontal, overhead valve (OHV) dan menggunakan gir boks 3 percepatan.

p6

Keseluruhan body motor termasuk, mesin dan tangki bbm dan oli ditutup atau diberi cover plat baja press dan diberi panel indikator bahan bakar. Selain itu bagian stang/kemudi atau dashboard tak luput dari pemakaian cover baja tersebut. Pada dashboard diberi banyak instrumen seperti jam, speedometer dan saklar kelistrikan. (beneran mirip mobil nih :mrgreen: )

p7

Dari beberapa fitur modern tersebut, yang paling mendapat acungan jempol adalah penggunaan rem hidrolik yang menurut berita merupakan yang pertama digunakan pada sepeda motor! waaahh… hebaat!!! 😯

P2

Selain rem hidrolik, tercatat juga beberapa fitur yang disebut user friendly berupa pemasangan telescopic center stand (standar tengah) yang memudahkan parkir, dan juga penggabungan antara kick starter dengan tuas dekompresi agar memudahkan dalam menyalakan mesin. Keren! πŸ˜€

Meskipun Ascot Pullin cukup berhasil dalam inovasi, tetapi masalah yang fatal terjadi pada gigi mesin yang mudah rusak. Hal tersebut sangat merusak reputasi mereka dan akhirnya memaksa Ascot Pullin berhenti berproduksi pada Tahun 1929 setelah berhasil memproduksi 400-500 unit sepeda motor. Hmmm…. layu sebelum berkembang 😦

Tapi boleh juga inovasinya, yang pasti kalau di daerah tropis motor ini bakalan kepanasan karena tidak memakai radiator πŸ˜†

Demikian pelajaran sejarah Ascot Pullin kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. πŸ˜‰

 

 

 

2 tanggapan untuk “Ascot Pullin 1929 500cc 1 cyl ohv, Desainnya terinspirasi mobil”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.