Kembali ke motor lawas 😉
(untuk motor yang baru-baru sudah dibahas diberbagai blog yang selalu up to date dengan berita berita terkini. Sementara disini kita belajar tentang sejarah yang kurang disuka, kadang malah dianggap sebagai kaset rusak) BUT I LOVE IT!!!!
Kembali ke keyboard, kali ini saya menemukan sebuah sosok cakep, putih dan langsing. Pokoknya type lelaki kebanyakan dah! 😆
Siapa dia? Dia adalah sebuah Legenda bernama Harley Davidson 1918 seri 18F 2 Cylinder IOE. Berikut ini sosok sang Legenda :
Dan ini dari sisi yang sebaliknya :
Prototype Mesin V-Twin Harley Davidson pertama ditampilkan di ajang Chicago Motorcycle Show pada bulan Februari 1907. Selanjutnya tidak berapa lama mesin V-Twin tersebut dijual sebanyak 27 unit walau secara resmi masih dianggap sebagai prototype. Mesin tersebut berkapasitas 880cc dan menggunakan atmospheric intake valves. Apa yang dimaksud Atmospheric Intake Valves? Untuk jelasnya silahkan dilihat skema mesin berikut ini :
Mesin diatas disebut Atmospheric Intake Valve karena katup isap terbuka karena daya isap dari silinder, bukan karena sistem mekanik. 😀
Kita Lanjutkan lagi, Mesin Harley tersebut tidak sebagus yang diharapkan, hingga sampai tahun 1910 tidak ada mesin V-Twin yang ditawarkan atau dijual karena perusahaan fokus pada pekerjaan pengembangan mesin.
Pada Tahun 1911, diperkenalkan mesin V-Twin baru dengan kapasitas 811cc dan menggunakan konfigurasi mesin IOE. wah… apalagi nih IOE? sebentar, nanya mbah gugel dulu 😦
IOE adalah konfigurasi mesin yang memiliki makna Inlet-Over-Exhaust. Untuk lebih jelasnya ada gambar contoh mesin motor lawas berkonfigurasi IOE seperti gambar dibawah ini :
Konfigurasi ini banyak digunakan pada mesin 4T jaman dahulu dimana katup inlet terletak di kepala silinder dan katup outlet ada di silinder/blok mesin. Mesin V-Twin IOE Harley ini menjadi pilihan dan terus dikembangkan oleh Harley pada produksi-produksi selanjutnya pada masa itu.
Pada Tahun 1912 dibuat mesin V-Twin dengan kapasitas lebih besar, yaitu 989cc dan selanjutnya menjadi standar kapasitas mesin V-Twin buatan Harley Davidson.
Cukup sekian dulu cerita tentang Harley Davidson generasi awal, sebenarnya masih banyak informasi sejarah yang bisa digali dari legenda ini. Tapi karena keterbatasan pengetahuan saya lebih baik cukup sampai disini (alasan udah ngantuk)
Semoga bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kita bersama.
wow… ini sekelas HD yg paling mahal di dunia itu kan… jozzzz
http://ulidblog.com/2014/02/28/motogp-sepang-test2-2014-lorenzo-frustrated-in-sepang/
Belum tidur to kang?
Iya… sekalian belajar mesin model jadul 😉
belum bisa tidur nih, hehehhe
semoga juga menambah wawasan kita semua tentang cabe-cabean => http://mumet-ndhase.com/2014/02/27/baru-tahu-saya-arti-cabe-cabean-mumet-ndhase-banget-kalau-yang-ini/
Apa… cabean 😯
kalo kata anak saia, wong sepedah pancal kok dikasih mesin 😆 #upss (punya-e njenengan juga kan??
)
Anak yang cerdas 😆
nemen pak crigis-e nek takon-takon…
jian..nek durung jelas/puas, ora mandheg le takon
Like father like son… jare wong londo 😆
aghihihihi…kayaknya juga pengalaman pribadi nih 😉
Mosok?
mbahe HD
lewih tuwa endi karo iki
http://maskurmambang.com/2014/02/24/event-hd-motor-tua-juga-ada/
motor keren ini mah,legend classic
Iya mas… salah satu dari sekian banyak legenda motor dunia 😀
Trims udah mampir 😉
MANTEBBB..
http://hulssay.com/2014/02/28/seksualitas-pria-vs-perempuan-part-1/
om tlong bikinin artikel sejarah honda rc166 dong,yang ktanya cara pembuatannya masih jadi misteri……..
Hmmm… motor balap 6 cylinder honda ya? Makasih udah mampir… 😀