Sejarah Kawasaki Estrella 250


Lagi anget-angetnya bloger otomotif ngomongin Kawasaki Estrella 250 yang kabarnya sebentar lagi dibrojolin oleh KMI. Mending kita disini ngomongin sejarahnya aja :mrgreen:

Kawasaki Estrella 250 2014 02

cakep yak….. :mrgreen:

Tapi sebelumnya sekilas kita belajar sejarah Kawasaki dulu. Jaman dahulu kala, sesudah jepang mengalami kekalahan dalam perang dunia kedua (WWII). Kawasaki Heavy Industries (KHI) dilarang oleh sekutu membuat peralatan tempur. Dengan begitu KHI melalui divisi Kawasaki Aircraft company  segera memutuskan untuk membangun dan mengembangkan mesin sepeda motor.

Produksi yang pertama pada tahun 1952 adalah mesin dengan kode KE-1. KE singkatan dari Kawasaki Engine 😀

1952_KE1

Mesin ini bertype single 4T  OHV, berkubikasi 148cc berpendingin udara dan menghasilkan daya 4PS pada 4000rpm.

Selanjutnya pada tahun 1955 KHI membuat mesin seri KB-5. Dan pada tahun 1956 mesin ini dipasangkan pada sepeda motor yang diberi nama “Meihatsu”.

1955_KB5

Mesin ini bertype 2T 125cc yang sangat responsif di rpm rendah dan menengah.

1955_meihatsu125deluxe

Meihatsu 125 Deluxe bermesin KB-5 ini mendapat sambutan dan reputasi yang sangat baik oleh para biker pada masa itu. 😉

Selanjutnya sejarah pabrik Kawasaki Motor dengan berbagai variannya saya pending dulu disini. Bukannya kita akan belajar sejarah Estrella 250 :mrgreen:

Pada akhir Tahun 50an, Kawasaki membina hubungan bisnis dengan Meguro Works. Meguro Works merupakan pabrikan terbesar nomor 2 di Jepang pada masa itu dan dikenal dengan sebutan “King of Fourstroke” 😯  Meguro selain menjadi pabrik terbesar ke dua juga memiliki hubungan yang sangat baik dengan Pemerintah Kekaisaran Jepang karena banyak pesanan peralatan dari tentara jepang dibuat oleh Meguro.

Hubungan bisnis yang terjadi antara Kawasaki dan Meguro berlangsung sangat baik, sehingga diputuskan bersama untuk merger penuh pada tahun 1962 dan membentuk perusahaan baru dengan nama Kawasaki Motor Sales Co dan merupakan cikal bakal dari Kawasaki Motor Co Ltd.

Salah satu dari produk motor buatan Meguro Works adalah Meguro 250 atau dikenal juga dengan Kawasaki SG250, yang mana banyak disebut merupakan nenek moyang atau cikal bakal dari Estrella 250.

meguro250

cubic cap. 248 cm³
cylinder 1 cyl. 4 stroke
power 18 PS / 7000 rpm
Vmax 130 km/h
weight 160 kg

Secara bentuk/tampilan dan juga mesin mengacu pada produk sepeda motor BSA dari Inggris. Hal ini terjadi karena banyak insinyur Jepang pergi ke negara tersebut dan mendapatkan ijin/lisensi untuk menirunya di jepang.

Pada awal Tahun 1991, Kawasaki Motor mulai membuat Kawasaki Estrella yang terinspirasi Meguro 250 dengan Kode BJ250 A

Kawasaki BJ 250 Estrella

selanjutnya berturut-turut dengan minor change berkembang dari BJ250 B, C, D, E, F+K, G+H, J dan terakhir versi L.

estrella

Perbedaannya bisa dilihat di tabel berikut ini :

outfit / BJ250 A B C D E F G H J K L
saddle (+ pillion)  x³ x x x
double bench x x x x x x x
disk beak x x x x x x x x x
drum brake x x x x x x
bellows x x x7
fender chrome (Cr) x x x x x x x
fender in bike colour x x  x4 x x7
headlight housing black x x x  x6 x7
headlight housing in bike colour x x x Cr Cr  x6 x x
catalytic converter  x1  x1  x1  x1  x²  x²  x²  x5 x5 x5

1 1999 with or without catalyzer, standard since 2000 (in Germany only available without)
2 all models with catalyser
3 German version with porter racks instead of pillion
4 except Estrellas in Candy Wine Red / Galaxy Silver (1V) = D1-D3.
5 the cata plus injection might fullfill the “Euro III”
6 depends on colour of bike
7 Special Edition version

Nah… kabarnya di Indonesia akan masuk type terakhir dengan dilengkapi injeksi. 😉

Kawasaki Estrella 250 2014 03

Demikian sejarah Kawasaki Estrella 250. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

*)dirangkum dan diterjemahkan dari berbagai sumber

23 tanggapan untuk “Sejarah Kawasaki Estrella 250”

      1. Di blog lain isinya koyo orang bakar menyan, undang setan-setan buat datang…. semakin banyak setan berantem, semakin banyak dollar masuk ke rekening. :-p

      2. Woohh… saya bukan model begituan om. Bikin pembaca senang aja saya udah ikutan senang. Sederhana saja…. 😀

Tinggalkan Balasan ke tongsam Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.