Kembali ke selera asal 😉
Perasaan sudah lama sekali saya tidak belajar sejarah motor lawas yang antik dan unik. Terakhir kali mungkin hampir setahun yang lalu. Kalau tentang Whizzer kemarin itu sebenarnya tulisan lama yang masuk ke draft. Jadi kemarin tinggal menambah sedikit dan publish. Rekan-rekan bloger yang membahas motor baru sudah banyak, mulai dari info rahasia, bocoran gambar dan spesifikasi serta rencana brojol pun sudah banyak yang membahasnya. Maka tidak ada salahnya disini kita belajar sejarah motor yang lawas-lawas saja
Kali ini saya akan mengajak untuk melihat dan belajar tentang sebuah kendaraan roda tiga atau yang biasa disebut Trike buatan Prancis Tahun 1903. Kendaraan ini bernama Phebus. 😀
Berikut sejarah singkatnya, pada Tahun 1895 De Dion Bouton mulai membuat dan memasarkan kendaraan trikie buatannya. Dari awal mulai diperkenalkan kendaraan ini menuai sukses dipasaran. Dalam perkembangannya, banyak pabrikan-pabrikan kendaraan mengikuti jejak De Dion Bouton membuat tricycle. Bahkan beberapa diantaranya juga menggunakan mesin buatan deDion 😀
Dari beberapa produk tricycle bermesin De Dion, yang paling terkenal pada pergantian abad adalah model “Phebus”.
“Phebus” dibuat oleh konglomerat Clément – Gladiator – Humber dibawah arahan Noé Boyer.
“Phebus” dengan daya sebesar 2 ¾ HP ini menjadi sangat terkenal ketika pada Tahun 1899 dikendarai oleh pembalap Inggris yang bernama Charles Jarrott , mencapai kecepatan mengejutkan 39 mph ( 63 km / jam ) di velodrome Crystal Palace .
Phebus buatan Tahun 1903 ini menggunakan mesin single silinder 326cc ( 74×76 mm ) berpendingin udara. Sebagai pengabut bahan bakar digunakan karburator.
Lucu ya?
Demikian sejarah singkat dari “Phebus”, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.
Klasik banget nih
Iya mas bro… udah lumayan banyak motor lawas yang saya tulis sebagai bahan belajar sejarah 😀
mburi go gardan?
Mekanisme mirip gardan namun bentuk masih sangat sederhana.
ono koper e??
Sepertinya aksesoris saja mas. Buat bawa buku atau map.. 😀