Asal bikin judul aja…. yang pasti angka 90% adalah perkiraan kasar kondisi sepeda mesin Kucing Ireng Versi. 2.0 saya. Karena berbagai hambatan yang ada tak terasa proses pembuatan yang 90% ini sudah memakan waktu hampir 1,5 tahun π― (kalo buat anak udah bisa merangkak tuh!)
Tapi sudahlah…. namanya juga hobby, harus sabar dengan situasi dan keadaan. (malah curcol) π
Oke, langsung saja kita lihat bersama sejauh mana 90% itu, sabar……. dan ini dia…. jreeeenggggg!!!!!
gambar diatas adalah 90% versi saya, sementara sisanya masih ada PR pasang spatbor depan-belakang, tutup rantai mesin dan box accu untuk menghidupkan lampu.Mari kita lihat dari dekat π
Di bagian depan, Kucing Ireng Versi 2.0 ini mendapat sumbangan fork dan suspensi dari Ducati Luxor. Agar bisa masuk ke Frame Ducati Cuciollo perlu dilakukan sedikit modifikasi pada bagian segitiga berikut as komstirnya. π
Sedangkan setang dari bekas sepeda Phoenix dan lampu depan dari bekas lampu kabut mobil (tinggal bor aja)
Rem depan menggunakan teromol sepeda Phoenix komplit berikut velg dan jari-jari roda depan- belakang.
Pada bagian roda belakang, saya dihadapkan pemasalahan bagaimana membuat adaptor gir belakang agar bisa dipasang pada rumah teromol sepeda jengki Phoenix. Akhirnya dengan modal coretan kertas dan sebuah gir belakang motor saya meluncur ke tukang bubut untuk mewujudkan coretan saya, dan alhamdulillah semua berjalan lancar dan sukses. π
Untuk urusan knalpot saya serahkan ke ahlinya (mas wakhid), dan mohon maaf karena terlalu lama disimpan jadinya berkarat
Kemudian lanjut ke bagian paling utama, yaitu mesin. π
Urusan mesin merupakan bagian terpenting dalam pembuatan sepeda mesin. Penempatan posisinya dan pembuatan engine mountingnya diperlukan ketrampilan khusus. Dan disini kembali ahlinya yang berperan (mas wakhid). Untuk mesin saya menggunakan mesin 2T bekas blower penyemprot hama, mesin ini buatan jepang dan masih menggunakan platina. Kemudian karbu saya menggunakan kepunyaan Yamaha V75 imitasi. nyetel karbu dan mesinnya bikin rambut ubanan! π
Filter udara saya buat sendiri dengan modal selang bekas filter udara mocin, mangkuk wadah cat, kawat strimin dan busa. sebagai perekatnya saya menggunakan lem besi dan plastic steel dibantu dengan solder untuk melubangi mangkuk. Pokoknya Pahe…. paket hemat! π
Tangki bensin dibuat dari pipa besi bekas yang ujungnya dibentuk lancip (serahkan ahlinya), dan untuk urusan pembuatan transmisi digunakan kopling sentrifugal bebek Honda. dan urusan ini juga serahkan ke ahlinya (tukang bubut)
Begitulah sedikit cerita 90% sepeda mesin saya, yang pasti sekarang kondisi sudah bisa dikendarai sesuai dengan harapan. Untuk penyempurnaan dan urusan detail lainnyaΒ akan saya kerjakan pelan-pelan sebagai PR. Yang pasti sensasi berkendaranya gak kalah dengan naik Ducati beneran π
Demikian sedikit cerita saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama π
kerenn, tapi moncong filternya di modip lagi, kayak hidung gajah nggih pak ca π
sedotannya malah kuat to? π
dah test nglinding kah..??
udah mas…. rider testernya begawan kolor ijo. top speed sampai 40kpj ++
tapi rem-nya kurang pakem π
π―
sangar..
β mosok….
he’eh.. π
kan bohong tu dosa+dilarang mas..
ayoooooooooooooooooo
di test
jam 2 mbengi yoyyoo
wkwkwkwk…… be carefull pakdhe, mesin yang ini lebih ganas dari pada yang tak pake dulu π
mantap.
suwun mas bro π
tes turing
pasti mas, nunggu semua komplit terpasang dulu π
ajeeeebb
habis berapa tu pk???? hehehe
wah…. nggak ada habisnya mas. π
mantab pak camat. klangenan’e jozz
sopo sing camat?? πΏ
puasnya pasti tak terkira…. π
iya mas, ada kepuasan tersendiri yang tidak bisa diukur dengan materi π
ngueeeeng….
nek BBM+oli samping ditambah pestisida, sekalian fogging yo mas
mblayu sak-banter-banter-e…..
waaahhh… iya mas. ide bagus tuh! π
Bro untuk menjalin silaturahmi antar sesama, salam kenal dari Gombong Motor Community (GMC). untuk lebih lengkapnya kunjungi web kami di http://www.gombongmotorcommunity.com
kalau boleh kita tukaran link
Trim’s
salam kenal juga mas.. monggo! π
keren banget xixixi
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
biasa aja mas,,,, lha cuma sepeda aja kok π
weleh gawe mesin jet
π―
jet?
Mas saya pesan tangkinya saja bisa. kena berapa?
tangkinya bikin sendiri aja mas, ini cuma dari pipa besi terus bagian ujungnya dibikin kerucut . serahkan saja pada tukang las. π
WIDIH!!! kenalpot tiger punya
tiger ? π
rem cakramnya mana kang???
yang ini pake teromol aja mas π
jossssssssssssssssssssssssss
pngen ngecat, rung onno velg e π
Have a good day yah …
thanks sis! π
mantep, pak kalo sudah jadi buat pajangan apa dipake keliling komplek rumah pak?
om minta no hp nya dong
Beli Viar Lebih Untung…!!
Analogi perbandingan harga jual kembali motor Viar dibandingkan dengan motor pabrikan lain
Membeli Viar adalah Investasi yang sangat tepat..!!,tidak percaya?,mari kita hitung hitungan
Beli Motor Viar Star Z,Harga OTR = Rp.8.200.000,setelah dipakai 3 Tahun,harga Jual kembali dapat mencapai 5,5 juta,harga terendah 4,5 juta,kita ambil yang kerugian terbesar menjadi kerugian yg diderita adalah 4,5juta
bandingkan dengan apabila Anda mengambil Investasi motor pabrikan merk lain
harga OTR nya Rp.15.500.000,setelah dipakai 3 Tahun Harga Yang diterima Showroom Motor Bekas paling tinggi adalah Rp 9 juta,kalau kondisi motor tersebut kurang baik bisa saja hanya dihargai Rp 7 juta,maklum harga part orisinil motor ini tergolong mahal
Kerugian Investasi = Rp. 15.500.000 – Rp. 8.000.000 = Rp. 7.000.000
dari sini jelas sekali bukan lebih besar mana kerugian yg diderita oleh konsumen akibat depresiasi harga jual motor..!??
apabila kondisi itu diterapkan ke Motor Viar Star Z yg OTR nya hanya Rp 8.200.000 maka Motor Viar hanya dihargai Rp 1.200.000,tentu sangat tidak logis dan tidak masuk akal sebuah motor hanya dihargai dengah harga seperti itu,Konsumen pun berhak marah apabila motor nya ditawar oleh showroom dgn harga 1,2 juta saja…!,tentu keadaan tsb tidak logis diterapkan untuk motor Viar
belum ditambah kerugian akibat borosnya penggunaan BBM,penggunaan BBM motor ini 3x lipat lebih boros dibanding motor Viar,maklum Motor ini memiliki cc diatas 120 ,apabila Anda mengisi Bensin motor Viar Rp 20.000 per minggu / Rp 80.000 per bulan,maka anda harus mengeluarkan Rp 240.000 perbulan,kerugian bertambah menjadi Rp 160.000 belum ditambah mahalnya Pajak Kendaraan Bermotor karena motor ini mengusung CC yg sangat tinggi
Perincian Kerugian motor Merk lain
Depresiasi harga Jual : Rp. 7.000.000
Pemborosan BBM : Rp. 160.000 x 12 bulan x 3 tahun = Rp 5.760.000
Mahalnya Pajak : Rp. 50.000 x 3 Tahun = Rp. 150.000
Mahalnya Service & Spare Part : Rp. 250.000 x 3 Tahun = Rp. 750.000
Kerugian = 7.000.000 + 5.760.000 + 150.000 + 750.000
Total Kerugian Selama 3 Tahun = Rp 13.660.000
Kerugian Perbulan = Rp. 13.660.000 / 36 bulan = Rp 379.000
BAYANGKAN…!!!,dengan kerugian perbulan yg hampir mencapai Rp. 400.000,dengan kerugian sebesar itu anda bahkan dapat mencicil Motor Viar Star Z yg cicilannya hanya 300 ribuan per bulan
SEGERA Tinggalkanlah motor Boros dan Tidak Ekonomis seperti itu,sudah saatnya Kita dapat berhidup Hemat namun tetap Trendy!
minat ama filter udaranya nih…
pak de,, biaya untuk membuat otomatis/sentriiguralnya berapa?
mohon rinciannya untuk bahan, dan ongkos pembutannya,
kebetulan saya mempunyai mesin yang serupa.
terimakasih
Bikinnya gak sampai cepek mas. Soale pake barbek. Nanti kalau sempat tak buat tulisan.
pak de alamatnnya dimana ?
om…. ini basic sepedanya apa ya?? kalo sepeda onta 1940-an bisa dibikin gini gak??spasiba,om bro….
luar biasa …saran filter dan karbu arahkan ke sasis biar klasik dan rapi… good job