Sebelumnya saya mohon maaf karena banyak komentar yang gak sempat saya jawab satu persatu karena kesibukan saya berkaitan dengan urusan pekerjaan ๐ฆ
Kali ini saya coba menyampaikan satu cara untuk menghilangkan lapisan kuning pada leher knalpot Pulsar 200-220. Seperti kita tahu bersama, knalpot Pulsar 200 dan 220 dibuat dari bahan stainless steel dipadu dengan aluminium pada bagian silencernya.
Kemudian karena penggunaan harian, bagian leher knalpot yang memiliki panas tinggi bertemu dengan bermacam kotoran, debu dan air sehingga lama-kelamaan menyisakan noda kekuningan yang terlihat mengganggu pemandangan. Sayangkan, udah harganya mahal, barangnya langka… eh, kok kuning!ย ๐
Untuk menghilangkannya caranya mudah, mungkin ada yang pernah mempraktekan hal yang sama dengan saya. tapi tidak ada salahnya saya sampaikan lagi khususnya bagi yang belum pernah mencobanya. ๐
Pertama-tama, tunggu kondisi mesin dan knalpot dingin. selanjutnya kita basahi dulu knalpot Pulsar 200-220 dengan air.
Selanjutnya kita persiapkan peralatannya berupa pembersih porselen (kebetulan saya pake yang sering diiklankan di tv), wadah, dan kain yang sudah dibasahi.
Langkah berikutnya adalah mengoleskan pembersih porselen tersebut dengan kain basah yang telah dipersiapkan secara merata ke semua bagian knalpot, untuk bagian yang kuning perlu digosok berulang-ulang. bagi yang punya kulit sensitif saya sarankan tangan dilapisi plastik/sarung karet agar tidak iritasi. kemudian kita diamkan beberapa menit. (jangan sampai ketiduran!)
Setelah beberapa menit kita semprot kembali menggunakan air bersih sampai benar-benar hilang cairan pembersih porselen tersebut. Semproottttt…. crooottttttt!!!!! ๐
Langkah terakhir adalah mengeringkannya, bisa kita lihat perbedaan antara sebelum dan sesudah dibersihkan dengan proses ini.ย untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya cara ini dilakukan berulang-ulang.
Demikian , semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. ๐
kalo gig kuning???xixixiixixixixixixii…josss inpohne
nak kuwi gadhul mas…!!! ๐
ini pembersih kalau keluar jam makan bikin nekgghhhh
*ternyata jozz kinclong
wkwkwkwk….!!! gak usah dibayangke mas! yang penting fungsine! ๐ ๐
betul bro… biasanya pas waktu buka malah sering nongol iklannya.. wkwkwkwk
Hwaaduh…. gak usah ngomongin wc lah. Ini beli yang 5000an jadi belum dipake ke wc…. ๐
Joss… Segera praktek iki… Matur nuwun tips-e.. ๐
monggo mas, kan sayang knalpot harganya mahal kok kuning…
apa ngga’ bikin kropos nantinya, Kang?
ini hanya untuk bagian luarnya mas, dan juga langsung disiram (tidak menunggu kering). bahan stainless pada leher knalpot pulsar tahan terhadap cairan kimia pada pembersih porselen, beda dengan besi biasa atau aluminium yang dalam jangka waktu tertentu dipastikan terjadi korosi ringan. ๐
kinclong lagi ๐ ,.,..,buat knalpot pikson bisa ?
wah… beda bahan mas. saya tidak merekomendasikan untuk selain PZ00 dan PZZ0.
(vixion leher knalpot dilapisi semacam bahan/cat anti panas)
Dulu leher kenalpot motor saya kuning,sudah saya coba poles pake ini-itu tetep kuning,setelah dapat saran dari temen saya untuk mencoba dengan 3 paket gosok pake pembersih porcelen,sekarang leher kenalpot motor saya jadi kinclong…
Terimakasih pembersih porslen..
keracunan tong seng…. ๐
kok kaya iklan klinik pengobatanTCM diTV ya..
motornya kerennn kinclong
Halah…. kan menganut faham motor biasa tapi kebersihan harus lebih dari biasa. ๐
motore dilaminating ik…
Soale rung lunas kang…. ๐ฆ
lho kui perbersih WC kae to
๐
Buatku jadi pembersih knalpot pakdhe!!
peleknya masih kuning pak
Wooohh… itu emas lho! (Emasihkredit) ๐
nice inpoh..
semoga bermanfaat mas bro! ๐
http://blackeagle98.blogspot.com/2012/08/jupiter-mx-injeksi-tergantung-new-v-xion.html
Jupiter MX injeksi tergantung new V-Xion
suwun tipsnya mas.. !!langsung ambil ditoko…bwat sikebo biar kinclong..
monggo mas bro! ๐
Itu decal pulsarnya bisa warna keemasan juga gimana cara tuh mas bro?
salam toet toet
Decal saya lepas terus di cat semprot mas bro.
Salam toet toet…..
noda knalpotku ga nampak kok oom
Karuan aja…. lha ngumpet gitu ๐
sukses diterapkan di scorpio ane…tapi abis warna kuning nya ilang baru sadar ada banyak karat di leher knalpot… –“
Karat di leher knalpot scorpio muncul karena hilangnya lapisan chrom akibat usia pakai. Selain itu bahan knalpot beda dengan pulsar 200/220. ๐
betul…scorpio ane uda dari taun 2004…
klo kata temen ane hati2 juga klo kandungan pembersihnya ada HCL nya bahaya buat besi…
Yup.. khusus stainless dan chrome. ๐
CLINK
kalo buat motor laki macam tiger vixion, atau bebek supra, vega zr, revo, jupiter baiknya dioles pake oli mesin, atau oles black magic (dari blognya nanared)
Beda bahan beda perlakuan mas, ini hanya untuk knalpot berbahan stainless dan besi chrom yang masih bagus. Motor baru sekarang biasanya menggunakan leher knalpot berlapis cat tahan panas.
siap-siap tanggung jawab kalo ada kecoak kepeleset
๐ฏ kewcoa?
wah boleh juga tuh utk p200 gw yang udah 4 1/2 taon ๐
http://www.iamabiker.com/motorcycle-news-desk/2012/pulsar-200-ns-review-road-test/
share2 ๐ โฆ.mesin imut mayan joss, kapan masuk fullfairing ya
motor yang bikin galau…. ๐ฆ (200NS)
mantep. . .
ntar nyoba ah. . ..
suwun tipsnya masbro
keep brotherhood,
salam,
monggo mas sabdho…
semoga bermanfaat,
salam!
wiiichhhh…..!!!! kren abis….. hampir hilang tu kuningnya…..
manteppppzz….!!!!!! kalo stiap nyuci di cuci pke porcelen boleh gak mas ???
gue biasanya nyuci mtor sminggu skali…
hallo men…motor saya tiger 2003 knalpot byk karat terutama dilehernya. apakah hanya dg porselen si karat tsb bisa hilang..???? klo blok mesin di kasih porselen jg bisa mengkilap jg gak men.?? thanks…by. jibril reyhan di surabaya
mas tolong knalpot saya warnanya jadi chrome setelah menggunakan cara diatas ๐ฆ awalnya knalpot saya lhernya berwarna keemasan .. gimana cara ngembaliinnya mas ? toolooooong knalpot baru nih… knalpot mtor ane r9 new monza buat ninja 2tak…makaasiih ๐
Wah… Kalau sudah terlanjur menjadi chrome gak bisa dikembalikan seperti semula mas. Cara diatas hanya untuk pulsar 200 dan 220? yang menggunakan pipa stainless steel, bukan untuk knalpot variasi yang warna-warni hasil platting dan efek panas dari api las. Mohon maaf saya tidak bisa memberi solusi untuk knalpot anda.