Judulnya ngaco ya!
Tapi memang dari beberapa sepeda motor buatan awal tahun 1900 an fitur radiator adalah hal yang masih sangat jarang diaplikasikan pada kendaraan roda dua saat itu. Dari beberapa produk kendaraan roda dua waktu itu yang akan saya sampaikan pada kesempatan ini adalah Scott Motorcycle.
Mari kita mulai sejarah singkatnya dulu 😉
The Scott Motorcycle Company adalah perusahaan yang dimiliki oleh Scott Motors (Saltaire) Limited, Shipley, West Yorkshire yang merupakan produsen sepeda motor terkenal dan mesin ringan untuk industri. Perusahaan ini didirikan oleh Alfred Angas Scott (1875 – 1923), lahir di Kirkcaldy, Skotlandia. Scott mematenkan bentuk awal caliper rem pada tahun 1897, rangka segitiga, katup induksi rotari, konstruksi unit, dan masih banyak lagi. 😯
Pada tahun 1900, scott mulai membuat mesin untuk kapal, tahun 1908 dia mulai membuat sepeda motor pertamanya dengan mesin twin cylinder sejajar 2-stroke 450 cc dengan dua speed gearbox yang terpasang dalam rangka segitiga. Dia terus menyempurnakan desainnya hingga menjelang tahun 1910, hasilnya jauh berbeda dari produk sepeda motor standar dari produsen lain pada waktu itu sehingga sangat menarik perhatian. Dia mendapatkan pujian dengan pemasangan kick starter pada motor ini. 😀
Berikut ini gambar Scott Motorcycle buatan tahun 1913 yang menggunakan mesin Twin Cylinder sejajar 532 cc, 2T watercooled.
Desain mantap, mesin OK, tapi tangki bensin warnanya bikin pening!!! menjatuhkan selera saja! jadi ingat bentuk box gippy bro Alrozi nih! 😈
Tuh.. kelihatan ada kick starternya! 😀
Tampak dari kanan Mesin Twin Sejajar 2 stroke 523 CC Watercooled!! 😯
Knalpotnya didepan mesin!
Dan berikut ini radiatornya!
Tuh radiatornya kelihatan terpasang di downtube! ukurannya lumayan gedhe juga ya!
Demikian sekilas sejarah sepeda motor Scott ini, masih banyak produk Scott yang lainnya tapi sebagai awal bahan tulisan cukup ini saja dulu! 😀
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama! Keep brotherhood and safety riding! 😉
pertamax.hore2.,

halah…. 😀
keduaxx
mana PZZO mu pak dokter? 😆
wakkkk- kaboooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr_
pakemotorpinjeman*
wah bisa gawat kalo tangkinya meleduk, langsung tepat sasaran ke —
mampir om http://puguh05.wordpress.com/2012/05/03/menyontek/
businya dijepit 😆
belum ada cop busi mas! 😆
keren.. jaman dlu emang dah canggih. itu blok mesinnya kek pompa air..