Sudah lama nggak main senam jari di keyboard jadul saya…
Kali ini sekedar coretan iseng saja, seandainya pabrikan yang terkenal hanya memproduksi motor sport batangan yaitu Ducati iseng atau jahil bikin bebek super dengan mesin desmodromic single cylinder. 😆
Sebenarnya bukan hal yang sulit bagi pabrik Ducati merealisasikannya, karena Ducati sendiri memiliki mesin Desmo single cylinder yang pernah diproduksi dalam edisi yang “sangat terbatas” (hanya 67 unit) direntang tahun 1993-1997.
Sebelumnya mari kita kenalan dengan Ducati Supermono 549cc
Spesifikasi :
- manufacture : Ducati
- Production : 1993-1997 ( 65 built 93′-95′, 2 built 96′-97′ ) Total 67
- Engine : 549/572 cc 4-valve desmodromicsingle
- Compression ratio : 12:1
- Weber fuel injection
- Top Speed : 141 mph (227 km/h)
- Power : 61.4 hp (46 kW) @ 9750 rpm
- Torque : 37 lb·ft (50 N·m) @ 8000 rpm
- Transmission : 6 speed
Sejarah singkatnya, Ducati Supermono dirancang sebagai motor balap pada kejuaraan balap di eropa (Supermono) sebagai pembuka ajang Kejuaraan World Superbike dimana mesin yang digunakan merupakan mesin single cylinder. Supermono merupakan ajang bagi para pembalap muda menuju tingkat yang lebih tinggi (WSBK). Pembalap selandia baru bernama Robert Holden tercatat sebagai pembalap tersukses menggunakan Ducati supermono ini, pada tahun 1994 dia menempati posisi kedua dalam the Isle of Man TT, kemudian tahun 1995 memenangkan singles title pada kejuaraan yang sama. Di tahun yang sama Holden juga memenangkan balap NW 200 Supermono class di Irlandia. Tapi di tahun1996 nasib tragis menimpanya, dia meninggal saat latihan di kejuaraan balap the Isle of Man TT. 😦
Kembali ke Ducati Supermono, motor ini dirancang sangat kompak dengan berbagai inovasi yang memberi inspirasi pada pembuatan Ducati 916 satu tahun sesudahnya.
Ducati single cylinder ini dibuat dengan perencanaan yang sangat luar biasa, bagaimana tidak? penggunaan material serat karbon meliputi bodywork, sub frame, fuel tank, rear sets, airbox dan instrument housing.
Kelengkapan yang lain juga menggunakan parts jempolan seperti : 42mm Ohlins inverted telescopic forks, cantilevered Ohlins DU2041 shock absorber, Termignoni exhaust, three spoke Marchesini magnesium wheels dan Brembo 280 mm fully floating iron front discs and Brembo P4. 30-34 racing calipers. (kurang apa coba?) 😀
Selain itu pemakaian logam Magnesium pada bagian case covers, chain adjustment covers dan triple clamps menjadikan motor ini memiliki berat hanya 267 pounds (121 kg). 😯
Jika dilihat ke dalam (jerohan mesin) bisa dikatakan mesin ini sesungguhnya tidak sepenuhnya single, kok bisa? 😀
Karena biarpun hanya memiliki satu piston, mesin Ducati Supermono ini ternyata memiliki dua stang piston (connecting rod). hanya saja stang piston yang satunya berfungsi sebagai semacam balancer. Nggak percaya? mari kita cermati gambar berikut ini : 😉
Sungguh merupakan buah kecerdikan para insinyur Ducati dengan memanfaatkan apa yang disebut mereka “dummy connecting rod” untuk mengatasi masalah getaran pada mesin.
Kembali ke judul diatas, seandainya Ducati jahil bikin bebek super bisa saja tinggal poles dikit dengan basis supermono ini. Bisa-bisa bikin geger dunia bebek dan ayam jago…. 😈 (maaf… gak pinter photoshop) 😦
Bagaimana menurut anda? (maksa banget…just kidding!) 😆
Demikian keisengan saya kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. Tetap selalu waspada di jalan, patuhi aturan lalu-lintas dan berbagilah ruas jalan dengan sesama! 😉
hehehe mesine selonjoran kaya supra.
yup… betul mas! 😀
Semm… Stang pistone 2 😆
yup…. 😉
burrr,,,,,,,,,
bebeke maburr,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
ditubruk aja, sembelih dan digoreng… yummy!! 😆
Super duck
apanya superman mas? 😆
bebek 600 CC Jozzzz
cuma ngimpi aja mas! 😀
fu lewat
lewat mana mas? 😀
lewat belakang aja
ora wani ngunyahhh……
jelas… lha kan ini keras bebeknya! 😈
. wkwkwkkw, keyen,,bebek mahallllllllll
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/25/tour-de-semarang-musda-amj-ke-ix/
tenane mblizz?
tenan
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/28/kopdar-dengan-owner-honda-megapro-2005-22-hp/
bebek 600 cc alias bebek mahallllllllll……
masih mending aprilia 125rs…jg bisa 220 km/j walopun cuma 125 cc…
aprilia RS125 bermesin 2 stroke mas, kalau ini 4stroke… jadi beda jenisnya 😀
CAGIVA wae nggawe bebek super kok
yup… tapi masih 2 stroke kan pakde? (Cagiva Stella)
mosokkk 🙂
ming ngawur kang!
dengan harga mahal tentunya
http://analisamotorindonesia.wordpress.com/2012/03/27/analisa-suzuki-lakukan-shocking-strategy-yang-revolusioner-first-mover-motor-dibawah-10-juta/
betul mas… 😀
kalau edisi “sangat terbatas” ya harganya gak ekonomis bro.
misal bebek ducati dijual 50 juta, siapa yang beli?
mending beli ninja 😀
alasan yang rasional mas… 😀
paklek,, request dong,, panjenengan kan penunggang P200, sharing2 dong hari2nya bersama P200. Masih banyak yg ngganjel lek,, soal spare part, trouble yg sering, part yg mesti di stok sendiri, hal2 apa yg mesti dapet perhatian lebih, tools dan part cadangan apa yg mesti selalu dibawa, dan lain2 lah.. Ya kira2 buat pegangan orang awam kayak saya gitu lek..
matursuwun nggih
siap mas… tapi nunggu kerjaan kantor kelar dulu ya!
Mantab..
Baru tahu kalo supermono 1 silinder 😀
L-Twin yang 1 silindernya dikebiri. Uniknya, yang disisakan malah silinder horizontalnya 🙂
itu dia mas… kecerdikan engineer ducati. harusnya engineer kita juga bisa lho! 😀
sereeem.. syg ducati g maen full ke bebek..
As such, it shouldn’t be too difficult to shell out some time constructing a database of tables like what is suggested at where they’ve got provided a sample database spec to
use in a accommodation reservation application. A very convenient way to search for
things about the web is to easily speak your research term.
Typically, the My Documents folder may be the best anyone to
use.
Ah,sial.
Ternyata sepemikiran.
Gimana kalo ducati bikin bebek 125cc kayak yg lain.
Pasti edan.