Ada request dari mas bro Damasena Indra Aditya Arsawikarta tentang Honda Monkey, kenapa disebut demikian karena ukurannya yang kecil menjadikan ridernya kelihatan seperti pemain sirkus! tentunya bukan yang mirip ini lho ya!
Piss…!!!
Daripada ngelantur mari kita mulai ๐
Pada Tahun 1961 tepatnya pada Pameran motor Honda diย Honda’s Tama Tech amusement park dan Sirkuit Suzuka, terdapat sebuah penampakan yang membuat rasa penasaran publik atau warga masyarakat yang melihatnya. Ternyata kendaraan unik yang di display tersebut adalah sepeda motor prototype berukuran kecil yang berbentuk unik sehingga banyak menarik minat anak-anak dan orang dewasa di Jepang pada waktu itu. Sepeda motor ini berkode nama Honda Z100.
Z100
Honda Z100 diatas menggunakan roda dengan ukuran 5 inchi, menggunakan mesin 50cc dalam bingkai rangka berwarna merah serta tangki bensin berwarna putih.
Karena tingginya antusiasme dan minat terhadap Z100 ini, tidak lama kemudian Honda mulai mengembangkannya menjadi versi jalan raya dan memberi kode nama CZ100. Model inilah yang kemudian menjadi populer dan pada tahun 1963 mulai di ekspor dengan jumlah terbatas ke Eropa ๐
CZ100
Pada Tahun 1967, CZ100 dikembangkan menjadi versi baru dan diberi kode nama Z50M. Perubahannya masih sebatas penempatan seat atau jok menjadi lebih tinggi dan bentuk serta posisi stang kemudi yang bisa ditekuk/stel agar lebih mudah untuk dikendarai. Sementara bagian lain seperti ban/roda masih berukuran sama dengan CZ100 dan tetap rigid (tanpa suspensi) ๐
Z50M
Selanjutnya pada Tahun 1969, Z50M dikembangkan lagi menjadi Z50Z (JDM) untuk pasar dalam negeri Jepang dan Z50A untuk pasar Amerika dan Eropa. Pada seri ini penggunaan suspensi mulai digunakan walau hanya bagian depan saja dan roda 8 inchi
Z50Z (JDM)
Khusus untuk seri A atau Z50A yang dipasarkan ke Amerika dan Eropa, sering disebut juga sebagai “mini trail” dan juga “monkey”
Z50A
Seri pertama dari Z50A yang dipasarkan ke Amerika seperti gambar diatas disebut juga sebagai versi K0 (K Zero) dan dijual hanya untuk penggunaan/keperluan offroad saja karena tidak memakai lampu pencahayaan. Selain K0 dikembangkan juga untuk pasar amerika versi QA50 yang didesain khusus untuk kondisi off road.
QA50
Mini trail Z50A K0 terus dikembangkan hingga menjadi K6. Sebagian besar hanya mengalami minor change seperti perubahan warna dan sticker. (puyeng juga ya… hampir tiap tahun mbrojol model baru mirip orang lagi ngejar setoran)
Pada tahun 1973 dibuat lagi varian baru dari Z50A K3 yang sudah ditambahi suspensi belakang berikut lengan ayun menjadi Z50J. Selanjutnya dari Z50J ini dikembangkan menjadi seri J-I, J-II dan J-III. Khusus J-III selain perubahan tangki yang lebih besar, sektor mesin juga mengalami perubahan menjadi 4 speed manual clutch sehingga dikenal sebagai Honda Gorilla. (mbahne monyet nih! ๐ )
Z50A K3
Z50J-I
Z50J-II
Z50J-III Gorilla
Gorilla ini dari pertama kali dilahirkan terus diproduksi dan modifikasi tiap tahunnya hingga mulai di kurangi pada Tahun 1999. Sampai saat ini beberapa varian masih dibuat edisi khusus dan sangat terbatas hanya untuk para kolektor saja.
SELESAI………..!!!
Lho kok selesai……?? ๐ฏ
Tambah dikit lagi, biarpun unit produksi dari Honda Monkey atau Gorilla sudah berhenti, tetapi dikarenakan jumlah populasinya di Jepang, Eropa dan Amerika sangat besar dan para penggemarnya juga sangat banyak, maka tidak heran banyak pabrik pemasok komponen after market racing ternama seperti Gcraft, takegawa,Kitaco, daytona, OVER, Ohnishi dan Yoshimura menyediakan berbagai macam dan jenis parts modifikasi yang bisa memuaskan para pemelihara monyet dan gorilla ini. Secara kualitas juga nggak main-main, mulai dari body, mesin, frame dan knalpot semua tersedia. ๐
Ada satu contoh modifikasi monyet atau gorilla yang aslinya masih nampak bawaan dari habitat alaminya menjadi sesosok monyet atau gorilla milennium!
Check This Out….!!!
Untuk Detailnya bisa dilihat di http://honda-automotive.blogspot.com/2011/11/honda-monkey-by-over.html
hiks…. jadi pengen melihara anak monyet!!! ๐ฆ ๐ฅ
Demikian, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama ๐
pengenan molo…racunnn
Maklum om bejo, masa kecil kurang bahagia om! ๐ฆ
Lagian kebanyakan motor baru bikin jalanan ruwet! ๐
suka yang warna putih… keren euy…
http://joetrizilo.wordpress.com/2012/02/21/lomba-desain-logo-mobnas-sang-surya-universitas-muhammadiyah-surakarta/
imut dan lucu.tunggangan abg kalo dijepang
kalo yg ini nggak lucu lagi.malah serem
http://www.cmsnl.com/news/meet-the-fastest-honda-monkey-bike-on-earth_news589.html
Woohh…, kalau itu gorilla ngamuk mas! Seremmm!!!! ๐ฏ
Pernah ngerti neng semarang
Yang Monkey atau Dax pakdhe? ๐
iya mas di semarang sini masi suka berseliweran….konon katanya club tertua/pertama honda monkey juga di semarang
hihi, buat kelilling kota cakep ini..
Pernah nyobain Monkey punya temen, lucu feel-nya…Malah jadi tertarik punya motor begituan (Lebih prefer Ape atau DAX sih)
Semuanya unik mas bro, monkey dirancang untuk satu orang sedang dax bisa buat boncengan. ๐
nggo mbonceng cewek ra iso, nggo bakulan pentol yo ra iso
versi Dax bisa buat boncengan mas! nanti kalo sempat tak tulis tersendiri ๐
bedanya honda monkey seri ST, ama seri Z, apa mas…? trus honda dax itu termasuk serie yg mana?
yg pasti, regone sama sama nggilani… collector item…
kode ST adalah varian dari Dax, sedangkan Z kode pada monkey/gorilla. nanti untuk Dax kalau sempat tak tulis tersendiri mas! ๐
gambar yang paling bawah cadas..
http://warungbaksosabar.wordpress.com/2012/02/01/rossi-puas-dengan-performa-desmosedici-phoenix-gp12/
terutama suspensi depan yang ngadopsi model telelevernya BMW
d bandung banyak kliatannya mas..sering liat soalnya…pernah tanya2 masa harganya 50jt..
wow….. ๐ฏ
motor mahal nihhhh, n jaranggggggggg
http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/01/bajab-baru-berbusi-3/
piye pan? minat dipake ke kampus?
jos
di libas pake vixi mu om demang! ๐
wow pingin… dijual berapa ya?..Ini lo manfaat rokok.. bagi perokok wajib baca..
http://nananghimawan.wordpress.com/2012/02/01/ini-lho-manfaat-rokok-ngimpi/
wahahaha keluar juga liputanya…maturnuwun sanget mas bro…
motor impian ki…huhu…
kemarin sempet brosing yang edisi ulangtahun ke 40..edann 40jt…suremm…
tanya2 ya mas..apa dulunya honda jenis ini pernah masuk ke indonesia? atau kl kita mau beli kita harus order dari japan langsung/ lewat perantara showroom2 motor cbu gitu??
bekasnya aja masi separo harga,,,hiks…
dan sekarang udah rame produk kw1nya buatan china atau mana gitu.. yg masuk indonesia…kelihatannya segala tipe ada..itu ceritanya tau ga bro??
tp rasanya eman2 kl mau beli yg kw1 walaupun harganya miring e poll….
nabung suwi ki nggo tuku ketek.hahaha
semangat semangat.
suwun.
as you wish mas bro! ๐
lagian ini juga barang antik bin unik…. ๐
Seperti biasa di China hampir semua produk otomotif jepang pasti ada klonningan-nya, sebenarnya mereka smart, artinya mereka melihat celah peluang pasar dimana para peminat Honda Monkey yang belum kesampaian memiliki. Walau tetep aja banyak beda dengan aslinya cuma mirip ๐
Semoga niat sampeyan tercapai memelihara primata yang imut ini ๐
amin mas bro…
ditunggu artikel tentang dax nya…;)
honda ginian pernah masuk indonesia tahun 70-an…varian ST 70cc kayaknya….bokapku dulu pernah punya….
varian Dax tuh! ๐
cilik2 mahal ya hargax…, hanya org beruang bnyk ni yg beli ky gini…
imut bangetttt
Pernah nonton di TV
Kebetulan bahas komunitas honda monkey yg kata ny pernah di tolak ikut festival honda classic karena bukan body original (di tuduh body CB yg di potong agar terlihat mini)
Oya!
Tetangga jga dlu ada yg punya (Z50J-II) lampu sein dpn di ganti lampu tembak 2 biji… Silau bngt!!! Mau di jual kata ny (gak tahu udh laku apa blm skg)
lengkap–kap–kap
WAH MAS ONE MESTI ENTUK FOTO SING TERKAHIR SANGIRRRRRRRRR……… ๐
motong khusus buat santai
maksude motor
Nih motor, kecil-kecil caberawit ๐
nitip tulisan mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/02/20/jari-roda-yang-hilang/
semoga bermanfaat.
Gassspolllll…..