Kita lanjutkan proses peremajaan sang kakek
Rencana kemarin sebenarnya mengganti ban yang sudah berubah menjadi “slick”, tapi berhubung harganya 130 ribu maka saya tunda dan mengalihkan proses peremajaan sang kakek menjadi penggantian piston/seher π
Piston bawaan sang kakek sudah oversize 52, dan boringnya udah koplak sehingga berisik saat mesin dinyalakan π
Kemudian tugas selanjutnya mencari piston sang kakek yang ternyata masih banyak tersedia di toko spare parts seputaran jogja. Langsung saja proses ritual dimulai, langkah pertama adalah mencopot blok silinder dan membawanya ke tukang korter π
Proses korter diserahkan ke ahlinya, saya tahunya beres saja π
Sempat juga ditanya apakah boring-nya udah diganti? saya jawab coba dilihat dulu mas, udah srumbungan atau masih bawaan motor? Si mas terkejut… ternyata silindernya masih bawaan motor, dia bilang “wah… dapat dimana mas? kok masih asli? biasanya sudah diganti boringnya!” (nggak tahu dia, soale gak pernah buka warung ini) π ………… skip-skip
Begitu korter sudah jadi, langsung saya pasang di rumah π
Pasti sudah banyak yang tahu cara pasang piston yang benar, tidak ada salahnya saya akan menceritakannya tahap demi tahap (versi saya) π
1. Persiapkan peralatannya
2. Membersihkan komponen yang akan dipasang
Bersihkan wilayah baut silinder, mesin dan juga bekas gasket lama yang masih menempel.
Bagian ini yang paling susah… gasket tua yang menempel pada rumah membran/katup buluh sepertinya sudah membatu π¦
Dengan bersusah payah akhirnya kinclong juga π
stang seher ori bawaan motor, masih ada tulisan Yamaha π
Bagian ini juga dibersihkan, tapi hati-hati agar kotoran tidak jatuh ke dalam π
Tak lupa juga piston/seher baru dan blok silinder juga dicuci agar kerak dan gram logam hilang π
Setelah semua dibersihkan, kita lanjutkan tahap selanjutnya.
3. Pemasangan
Persiapkan ring piston dan pasang dengan hati-hati, jangan terbalik agar ring bisa merapat pada stoper.
Kemudian pasang satu klip/ring pengunci pen piston pada piston. Selanjutnya posisikan tanda panah piston pada lubang exhaust pada blok silinder.
Kemudian pasang laher bambu pada stang piston, selanjutnya pasang pelan-pelan dan hati-hati agar posisi as dan pen piston tepat pada lubang stang piston. Dorong pen kedalam, kalau berat bisa dipukul pelan pakai gagang obeng dari plastik. Setelah masuk semua maka akan tampak seperti dibawah ini.
Selanjutnya adalah pemasangan klip/ring pengunci pen piston yang sebelahnya. Disini diperlukan kehati-hatian agar klip tidak nyemplung masuk kedalam bandul/kruk as… bisa pusing kita dibuatnya!!!
Sebaiknya saat pemasangan klip pengunci pen, bagian lubang pada bandul kita beri selembar kertas untuk berjaga-jaga seandainya klip terlepas.
Baru kita pasang klip terakhir tersebut π
Dan selesai sudah pemasangan piston baru pada sang kakek!
Untuk pemasangan komponen yang lain seperti kop, karburator dan knalpot tidak akan saya ceritakan… cukup dibayangkan saja
Tambahan informasi, saat inreyen piston baru ada baiknya bensin diberi oli samping tambahan agar penyesuaian piston dan dinding silinder dapat berjalan mulus dan lancar. π
Total biaya :
- Piston set (termasuk ring, pen dan laher bambu) 130 ribu
- Ongkos korter 25 ribu
- Gasket membran 2 lembar 4 ribu
Demikian cerita pemasangan piston baru pada sang kakek, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama!
Salam treng..teng.teng.teng!!!!! (2stroke.com) π
Pertamax diamankan, mau ronda dulu!
Wii..
Apanya yang wii…. lek?
siiipp,, jamin tambah ngebul Yo Pak..
namanya juga 2 stroke! apalagi oli samping yang nggak smokeless π
weh iso mbengkel dhewe..top
weh… bikers harus bisa pakdhe! π
,di test go munggah medun makam sewu to?
Lidah reed valve nya diganti yang karbon aja pak dijamin lebih mak nyusss tarikannya π
maksud sampeyan model V-Force? sama motonya mahalan reed valve nya mas!
hahaha
mang motornya brapaan pak?
btw, hebad ni, bs ngebengkel sendiri
Manteb Mas Bro, Aku Jadi tertarik merawat Motor Tua, Sayang Posisi dijakarta, itu lebih siip kalau cylinder dan blok mesin dipoles lagi biar kelihatan kincloong π π
di Jakarta juga banyak to?
banyak juga tapi waktunya yang nggak banyak masbro, habis buat macet2 ria…:D
knalpote dibersihin juga mas, biasane banyak ampas olinya, ben suarane renyah..
malah tak belikan baru mas, dapate di Solo π
ntar kenalpotnya pake standar king yg pake catalyc ben retro tapi techno, halah
π―
nahhh ini si kakek udah beraksi
*pemasangan ring yg 4 tak cobadi posting
wah… ini masih mbredeli mesin 2T mas. belum dolanan yang 4 T
orang tua sudah tahu bakal dapat hadiah istimewa belum bro,alangkah beruntungnya beliau…
kemarin sudah saya bawa ke rumah bapak mas, dan alhamdulillah beliau sangat senang. π
saya jadi terharu ngelihatnya… dan akhirnya saya batalkan bikin artikel penyerahan motor ini π¦
Nitip warung baru, bro π
http://kilatperak.blogspot.com
http://kilatperak.blogspot.com/2011/07/bikin-booster-kelistrikan-dengan-modal.html
monggo mas! π
apik apik apik….. ( persiapan tarawih) π
maturnuwun mas! π
weww…awas akselerasi mencolott….wkwkkwkw
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/08/02/ssstt-ymki-siapkan-yamaha-byson-terbaru-nih-spy-shoot-yg-sedang-di-test-jalan/
emange gledekanmu mas bro? π
mas bro…
Ane jg punya yamaha rs 100 super…
Udah repaint yahud…
Tp knalpot yg penyok2…
Kalo blh tau beli knalpot nya dmn ya?
Klo ada yg tau boleh dihubungi disini
083865130717
bro, kalau sehernya pakai rx series ada yang cocok ndak ya? pakai apa ya? soale kalau cari yang punya RS dah susah disini. thanks pencerahanya.
mas bro, yamaha rs100 saya suara’nya kagak enak itu karena apa mas ?
ap perlu saya ganti seher’ya
Suara apa mas? Mesin atau knalpot? Kalau suara mesin banyak faktor yang membuat suara kasar. Bisa dari seher berikut ring seher yang minta ganti, bisa dari stang seher/con rod yang udah kocak. Bisa juga dari karet kopling house yang udah oblak. Semua bisa jadi penyebab suara kasar pada mesin.
Gan, rs 100 punya sy bunyinya brisik bnget, apa lg wktu d remas kopling bwt masukin gi2.. Punya manipul gk gan?
wah, sudah minta di servis besar tuh mas π
saya gak jualan part mas π
Beli seher RS 100 digoja mna lur?