Judulnya nggak nyambung tapi biar ajah!!!
Melanjutkan cerita sebelumnya tentang Yamaha RS100, kali ini saya sedikit bercerita tentang peremajaan beberapa parts yang sudah dimakan usia. Maklum saja, usia motor sudah lebih dari 30 tahun π
Mari kita mulai π
Calon Korbannya nih!
Saat membawa pulang si kakek dari RX-King ini saya merasakan bahwa tenaga mesin kurang keluar, kabel gas gak beres dan beberapa sil khususnya sil gir depan bocor. Selain itu gir dan rantai yang rasanya gak enak banget dipake jalan.
Akhirnya mulailah ritual peremajaan si kakek ini dibantu pak budi (mekanik senior) π
bongkar sana bongkar sini… skip-skip! (gak bisa banyak ambil gambar, tangan berlepotan bensin+oli)
Sesuai dugaan saya, sil gir depan memang sudah mengeras dimakan usia. hal tersebut mengakibatkan merembesnya oli mesin dari gir box.
selanjutnya membongkar blok silinder dan melepas seher.
Disinilah terlihat betapa komponen motor 2T lawas memiliki kelebihan dalam kualitas bahan (asal pemakaian normal dan pemakaian oli samping yang bagus).
Kondisi seher masih oversize 50, sedangkan kondisi stang seher masih sangat bagus (tidak oblak) π
Dan ternyata motor ini belum pernah turun mesin sebelumnya π―
Hal tersebut terlihat dari stang seher yang masih ori bawaan Yamaha (masih ada tulisan yamaha) dan baut pemegang mesin pada rangka dan baut mesin tengah masih utuh. Kalau bagian cover magnet dan stut kopling wajar pernah dibuka untuk stel platina. Spul pengapian serta lampu juga masih ori π
Lanjut ke cover mesin sebelah kanan (bak kopling), saat dibuka ternyata juga bikin kaget. Kondisi dalemannya masih utuh dan bersih, kampas kopling memang sudah tipis minta diganti, tapi oli mesin kelihatan terlalu cair. Dugaannya sil kruk as kanan bocor sehingga uap bensin masuk tercampur dengan oli mesin π
Dan ternyata benar adanya, sil kruk as sudah keras dan mengkerut…. susah bener dicopotnya π
Akhirnya dapat saya singkat disini, parts yang diremajakan untuk bagian mesin adalah :
- Sil as gir (sama dengan RX series)
- Sil kruk as kanan (sama dengan RX series)
- pen seher dan laher bambu (pake punya FIZ)
- Kampas kopling (pake yang KW, orinya gak dapat)
Untuk parts yang lain adalah :
- Gir dan rantai (pake RX series)
- Karet gir belakang (RX)
- Kampas rem belakang (FIZ)
- Kabel gas (RX series)
- Kabel spedometer (V75) π
- Lampu netral dan sein (model 6volt)
- aki 6volt
Biaya total sekitar 450 ribuan π
PR selanjutnya mengganti ban, karena bannya malah pake model slick! (alias udah alus karena kembangan abis)
Demikian cerita saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama π
beruntung bapake smpean,nostalgia lagi
lha nek jebule bapake baca artikel iki piye mas? jebule malah member koboys π
Gak mungkin mas! π
mas kalo cari rumah kopling rs 100 di mana ya ? kalo ada di jogja or magelang
sundul gan…ndul…
gandul gandul lek! π
apik apik apik
kebomu harus hormat sama ini mas bro! (leluhur) π
manteeeep…ndang iso nggo turing muteri Ngayogyokarto Hadiningrat..
http://lexyleksono.wordpress.com/2011/07/21/utamakan-keselamatan-saat-berkendara/
sip mas! nunggu semuanya beres dulu. π
ngga coba dikrom? biar makin cantik..
didaerah saya gak ada tukang chroom yang bagus mas π¦
rencana nanti di poles pake autosol/watuijo saja π
pengin remaja lagi ahhh…tapiii opo tumon???
bisaaaa….. asal siap2 tutup telinga gak usah denger kata orang (bebal.com) π
Wew…ada penampakan saudara motorku digambar paling atas yang warna ijo stabilo itu lhooo π
betul, satria tanpa gitar π
dimodif buat adventure tuh mas bro!
jadi pengen nyari bebek V75
wew…. kemarin dibengkel ada yang ori mas, tapi malah mau di repaint. (punya bro Panca Klinik Mobil). Semua panel nyala π
trreeeenngg teng teng
mancaap!
mantap CBR mu mas! π
dicat ulang ae mas, ben luwih enom π
Belum masuk rencana mas, masih pengem lihat orinya dulu π
punten kang, eta motor geni haralus kabeh…. jadi iri .. π
Nuhun kang, ini mah motor aki-aki π bisa jalan aja udah alhamdulillah!
manteb. aku duwe s90z sek medak
Sip mas, bisa dijadikan klangenan tuh! π
kereeenn…..
aku yo seneng restorasi motor tuek
*iling S90Z ku nang omah π¦
Wah…. Sama hobby nya mas! yang dirumah buat dikangenin aja
REPAINT!!!REPAINT!!! terus di krom deh π
π― ???
masih sayang mas! π
yang tua yang bergelora….po tumon
biar tua yang penting semangatnya π (dadi kelingan Pak RT)
aseli mantabs tenan iki :thumbup
matur nuwun sanget mas! π
OJO DI REPAINT MAS…!!!! original paint itu….. main poles aja, tromol ama blok mesin. HARUS TETEP PLATINA…!!!!
asemik marai pengen mongtor tuo meneh, racun kambuh lagi…..
ide bagus mas… π
ini juga masih asli platina kok!
bapake wis dikabari rung iki… Suk mben ta test lagh xi..xi..
bapak belum saya kabari mas…
klasik gak ada matinya . . .
leluhur motor jambret . . .
keep brotherhood,
salam,
kang sabdho bisa aja π
suk tak test ride yohh??
boleh! π
cezzzz greng njur an π
iya mas. pancal mubal! π
(bar di setting lagi platinanya)
keren iki, ane juga mau remajain si meggi ah, biar josss lagi
sip mas…. jadi ingat semboyan biker, kalau kita menyayangi motor kita maka ia akan menjaga kita π
sip tambah lagi koleksinya π
woh… ini buat bapak saya mas! π
bener2 keren om π
keren, keren, sampe gak bisa ngmg, pengen jg euy melihara motor vintage 2 stroke (sambil nyuekin 2 C70 punya bapakku
)
malah tadinya minat sama RC110 Tornado oum
klo mesin masih bagus, bisalah ngelibas 4 tak standar, 2 tak gt, wwkwkkwwk
merawat barang bekas menjadi berguna ada kepuasan tersendiri mas! percayalah! π
setuju π
sama, saya juga lagi dalam restorasi bertahap FD110XD taun 2001 bekas pakai pegawai bokap, entah kapan beresnya…
tapi setelah ganti2 paking, servis besar mesin, ganti sokbreker, melengkapi spion dan lampu indikator, dan ganti2 item lain yg udah gak layak pakai, jelas ada kepuasan sendiri. Dari motor yang dianggap sudah butut, menjadi setidaknya layak pakai
jujur, bahkan lebih puas dari beli motor baru π
nunggu kinyis-kinyise
waduh…. kalau ini harus sabar mas! (soale sambil menyisihkan uang saku)
bengkel wonten pundi nggih mas ? nyuwun infone
suwun
bengkel?
(saya utak-atik sendiri kok mas!)
mas bro… numpang tanya sesama penggemar RS, ni saya jg punya RS 100 th.78 warna silver ada kendala di kampas kopling yang udah mulai tipis juga. udah coba cari yang KW / kanibalan tapi belum dapet, boleh minta info kira-kira dimana saya bisa beli kampas koplingnya / kalau dikanibal pakai kampas kopling apa?
Thanks mas bro
kampas RS100 KW di jogja masih banyak mas, kemarin beli di toko sparepart dekat gondomanan. π
kisaran harganya berapa ya mas?
wah, saya lupa pas-nya mas. tapi di jogja masih ada kok. π
pak leeeek…. seher rx 100 sama ma seher opo yaaak…. seher rx100 q kog yooo gag mentok ma blok.a jd masih ada jarak skitar 5 mm.. tolong baleees yaaaak
Wah… saya belum pernah pake rx-100 mas, coba aja berburu di toko sparepart. Saya kemarin dapat di jogja sekitaran gondomanan.
mo numpang tny ni gan. ni tntang rx king tunggangan sya. lsng az. mtor bru j trun msin. gnti stang seher+laher bmbu,laher dinding kanan kiri+ sil knan kiri.dn blok di riemer oversize 175.mtor sudah hidup. tp slang 2 hri mtor ngk bisa d idupin. stiap kali di engkol kdang” engkol mlah mentak ke atas.dn ad bunyi nembak” di knalpot. pdhal di busi ad api y. mohon di bantu solusi y gan,
Coba tambah packing/gasket di head/kop silindernya mas.
[Ask].
Suara mesin sya nggak enak itu karena karbu’ya ap yng lain? .motor sya yamaha rs100 th 74. Mohon pencerahanya .
Bisa lebih spesifik suara dibagian mana mas? Kalau dibagian mesin bisa dari piston set yang aus (piston, ring piston, pen piston, laher bambu), bisa juga dari stang seher (conrod) yang aus. Bisa juga dari karet damper rumah kopling yang minta ganti. Atau malah knalpot yang sudah penuh kerak. Coba dicermati satu-satu mas. Karena karbu tidak ada pengaruh dengan suara mesin π
Seher, stang seher’ya udah sya bru’in smu. Bukan knalpot’ya. Itu suara’ya di mesin.sya coba pkai carbu rxking &manipol’y pkai king juga. Ap hrus saya cari yng asli rs smu?
Coba cek lagi semua bagian yang baru dipasang itu mas, soalnya sepengetahuan saya jika suara dari mesin pasti berhubungan dengan apa yang sudah disebutkan diatas. Bisa dari pemasangan ring seher yang salah sehingga clearance antara silinder dan piston rusak. Atau kurang oli samping. Susah menganalisa kalau tidak lihat langsung barangnya.
Sya juga masih pkai bensin campur. Itu mempengaruhi mesin’ya mas. Klo mau bli filter buat oli samping ,itu brpa mas ?
filter oli samping? emangnya ada filternya? π
Maksud sya pompa oli samping.
Pompa oli saya malah belum pernah ganti mas,kelihatannya bisa dikanibal dari yamaha 2T yang lain. π
Pkai king bisa mas? & hrga’ya brpa?.
Sya juga mau tanya kmpas kopling yng bgus pkai ap mas ?.
he.he… maaf mas, kalau masalah harga saya gak tahu. Kalau kampas kopling pake aja yang buat RS100.
Ok.makasi info’nya mas.
sama-sama mas π
mis mas aku mau nanya kira kira piston diganti pake punya fiz r bisa ndak? soalnya di jakarta susah nyari piston nya mas yg buat rx100
seher rs dengan fiz-r beda mas, pen sehernya kelihatannya juga gak sama. dijogja masih ada kok yang jual. coba besok kalau sempat tak tanyakan barangnya. mau yang oz berapa? π
mas, cari piston rs 100 di mana ya, saya di semarang
Saya dulu dapatnya di jogja mas… di toko sparepart happy motor di gondomanan.
ok, cobaa nanti klo ke yogya saya coba cari, mas kalo yamaha rs 100, mau gunakan karbu rk king, apa manipolnya rs bisa diganti dengan punya rk king ?
sepertinya ukuran bautnya beda deh mas, lagian rumah membrannya gedean king juga. π
om minta contact yg jual part yamaha rs yg recomended.soalnya saya dijakarta.gg ada part rs disini.
klo ada hubungin ke ane.please om
Kalau kontak saya nggak punya om, yang saya ingat tokonya happy motor jogja dekat jogja phone market. Tapi saya belinya sudah lama, kalau sekarang masih punya stock part atau nggak saya kurang tahu.
om, apa bis masng seal perslening rx king
trus dikasih ring penguncine(spie) ya,
pa ga pke spie
Misi Om mau tanya, kampas+per koplingnya apa ga ada substitusi dr motor lain yg cocok sm rx100 ya? Terima kasih sebelumnya…
om kalo kalo mau beli gier penghantar selah punya yamaha rs dmana ya?