Coretan lama yang sayang untuk dibuang 😉
Suatu ketika saat kopdar Koboys, tercetus kata-kata seorang punggawa Koboys yang mengatakan “suatu saat nanti pengen punya BSA Gold Star, pake celana pendek jalan-jalan keluar masuk kampung menengok ternak di kandang sapi” 😆
Suatu impian yang saya yakin dapat terwujud, bukankah manusia dianugerahi akal pikiran untuk mencapai apa yang diinginkan? dengan keyakinan dan berusaha pasti dapat terwujud! seandainya manusia tidak ada impian bisa terbang seperti burung, niscaya akan ada pesawat terbang! benar kan bro! 😉
Kembali ke Impian tersebut, BSA Gold Star atau “Bintang Emas” merupakan varian BSA yang banyak mendapatkan penghargaan pada masa itu, baik kejuaraan balap di jalan raya, motokross maupun race di trek oval! Diberikannya nama “Gold Star” berawal ketika Wal Handley berhasil mendapatkan “Brookland Gold Star award” dengan mengendarai BSA 500cc M23 Empire Star. Top speed yang dicapainya adalah 100 mph.
Sekilas tentang pabrik Sepeda motor BSA adalah sebagai berikut :
Perusahaan asli BSA diciptakan pada 1861 oleh sekelompok gunsmiths yang berasal dari Birmingham Small Arms Trade Association. (BSA) Perusahaan ini awalnya membuat senjata api untuk perang Krimea dan kemudian setelah perang usai maka perdagangan senjata menurun, sehingga BSA mulai memproduksi sepeda dan kemudian berkembang ke produksi sepeda motor.
Selama meletusnya Perang Dunia I, perusahaan kembali untuk memproduksi senjata dan memperluas operasinya. BSA memproduksi senapan, senjata Lewis, magazin dan peluru, serta sepeda motor dan kendaraan lain untuk kegunaan perang. Selama Perang Dunia berlangsung, semua pabrik-pabrik BSA sering dipukul dengan serangan bom oleh pasukan Nazi Jerman dan membuat proses produksi menjadi sulit.
Namun BSA terus memproduksi dalam jumlah besar sepeda dan senjata. Setelah Perang Dunia Kedua BSA adalah produsen terbesar sepeda motor di seluruh dunia.
Pada Tahun 1950 an BSA kembali memproduksi sepeda motor dengan memperkenalkan Type A7 (500cc) dan kemudian A10 (650cc). Banyak jenis A model yang diproduksi. Model A menjadi desain merek dagang dari BSA. Akhirnya karena kerugian finansial yang besar di perusahaan BSA dibeli oleh perusahaan Norton Villiers Triumph. Produksi BSA terakhir keluar dari pabriknya pada tahun 1973.
Kembali ke BSA Gold Star 😉
Mesin Goldstar M24
Mesin ini berkapasitas 499cc, air cooled, two valves, single cylinder, sanggup mengeluarkan power sebesar 42 bhp pada 7000RPM. Transmisi menggunakan 4 percepatan, dengan penggerak rantai. BSA Gold Star ini menggunakan frame steel twin downtube. Karburatornya bertype free flow. Sistem pengereman depan dan belakang masih menggunakan teromol. Dengan berat sekitar 174 kg, motor ini sanggup digeber sampai dengan kecepatan 177 km/h. 😯
Varian Goldstar yang diproduksi ada beberapa type diantaranya :
- 1939 BSA Gold Star M24
- 1948 BSA Gold Star ZB32
- 1949 BSA Gold Star ZB34
- 1953 BSA Gold Star BB32 dan BB34
- 1954 BSA Gold Star CB32 dan CB34
- 1956 BSA Gold Star DBD34
- Gold Star Scramble
- Dan varianGold Star terakhir adalah BSA Rocket Gold Star dengan mesin twin cylinder
Demikian sekilas BSA Gold Star, semoga harapan dan cita-cita rekan kita dapat tercapai… suatu saat nanti! 😉
“suatu hari seorang pria dengan mengendarai BSA Rocket Goldstar menuju ke lokasi peternakan sapi miliknya, dengan gagahnya dia berjalan pelan menikmati suasana pedesaan yang damai dengan diselingi suara mesin long stroke yang mantap menusuk dada! siapakah dia……..???”
(yang merasa pasti senyum2 dan ketawa ngakak nih!)
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama!
Salam Brotherhood!
Dudu aku seng penting..wkwkkw
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/06/22/kalo-misal-ngk-jadi-ngeluarin-new-r15-harusnya-ymki-bikin-body-kit-aja/
mooosssoookk???? 😆
(ketularan gendheng)
yanng punya ginian hanya orang KAYA
kaya apa nih?
di Pematang Siantar SUMUT jadi Bentor
iya mas, tapi sekarang sudah langka ya? 😥
BSA = Becak Siantar Asli
pas maen ke Toba, lewat Siantar…emang suaranya mantaff….
sekarang gak boleh dibawa keluar Siantar…
warisan sejarah jangan sampai ke dijual ke luar negeri. 😉
bsa gold star
yup! the legend! 😉
my dream bike : Norton Model 18H and Ariel Red Hunter Twin Port Scrambler
hwaaa….. sangar semua tuh! 😯
Mau yg ginian aje deh pak, http://ottonero.blogspot.com/2011/06/uprising-garge.htmlonero.blogspot.com/2011/06/uprising-garge.html
Khususnya yg ini http://http://2.bp.blogspot.com/-YoOfverQEoc/TgCggMne3mI/AAAAAAAAhYs/GMDSgNeAonQ/s1600/uprising+honda+cb90-2.jpg
kok ra iso dibuka lek? 😯
saya juga mau punya ini
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
siapkan doku 50-70an jt dulu! 😆
aq pingine numpak yamaha rx-s versi malay yang ada tudungnya itu lho pak camat
nggak masuk ke sini juga tuh motor!
mesti begawan martini, hehehe cmiiw
btw tu mesin emang bener2 lurus keatas ya? ga ada miringnya sama sekali, hehe
yup! vertikal alias nantang langit! 😈
penggemar motor klasik nie hehehe
nggak kok mas bro…. cuma sharing aja! (gak kuat budgetnya) 😆
Sing iki waelah,http://3.bp.blogspot.com/_uXgjvegn-Bs/SrCyd8ed52I/AAAAAAAAGE4/WPRcCAQvkmo/s1600-h/cb750cafe.jp+4+01.jpg/WPRcCAQvkmo/s1600-h/cb750cafe.jp+4+01.jpg
Haiyah.ra direstui ki.asem ik
kalau ini bisa dibuka … wah! multi silinder gitu berat di ongkos lek! 😥
sumpah.. bukan ane.. jangan asal nuduh2 gitu dong!!!
siapa juga yang nuduh sampeyan bro? 😆
paling paling omahe sing neng tengah sawah kae sing pingin motor iki
ssstttt!!!!!
177kph??? tromol???
kaget? 😆
biar teromol ini pakem mas bro! teromolnya aja segede cakram motor saat ini tuh! 😉
datanglah kekota pematang siantar, ribuan motor BSA bertebaran di jalanan.
iya mas, becak siantar udah terkenal. tapi kabarnya sekarang populasinya menyusut drastis karena diburu kolektor dan dijual ke luar negeri 😦
Di siantar banyak Masbro..
Berikut penampakan nya:
https://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&q=becak+siantar&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_cp.r_qf.,cf.osb&biw=793&bih=244&um=1&ie=UTF-8&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=AnHET8uqCYXOrQfwotzhCQ