Artikel pertama bulan maret nih!
Kali ini saya akan mengajak para pembaca semua melihat uniknya mesin dari sepeda motor buatan Italia yaitu Benelli Leoncino.
Pada masa sekarang, khususnya sepeda motor mesin 4T yang beredar dan diproduksi di Indonesia. Kita mengetahui bahwa untuk menggerakkan mekanisme noken as atau camshaft diperlukan bantuan berupa rantai keteng atau didaerah saya sering disebut rantai kamprat. Sedangkan untuk mesin-mesin berkapasitas besar banyak yang menggunakan belt.
Berbeda dengan Benelli Leoncino ini, saya bilang unik karena pada waktu itu banyak pabrikan sepeda motor yang memproduksi mesin type 4T masih menggunakan batang stut sebagai penonjok camshaft dan ada juga yang menggunakan batang driven yang memutar gear camshaft, Benelli dengan pede-nya membuat sebuah mekanisme unik berupa susunan beberapa gir yang saling berhubungan untuk menggerakkan overhead camshaft-nya.
monggo dilihat jeroannya
Tuh… hitung aja ada beberapa gir untuk menggerakkan gir camshaft ๐
Secara ide bisa dikatakan brillian, coba aja kita hitung perbandingan rasio putaran mulai dari gir kruk as sampai ke atas menggerakkan camshaft… dijamin botak deh!
Secara umum kelebihan menggunakan gir ini adalah lebih awet dibandingkan dengan rantai atau belt.
Dan yang terakhir ini bonus jeroan lengkap mesin Benelli Leoncino 125cc 4T SOHC.
Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. ๐
Jaga persatuan dan kesatuan, karena itu modal kita menjadi bangsa yang besar!
olinya butuh brapa liter ya ๐
he.he…he! banyak tuh mas! bak penampungnya aja ada disamping tuh!
mekainsme katup yang unik…namun gila!!!!!!!!
setidaknya Binelli telah menciptakan mesin satu silinder yang berisik
betul mas giy, sambung menyambung menjadi satu… itulah benelli leoncino
kaya roda tank
mekanisme gir yang saling berhubungan! ๐
banyak loss powernya tuh mas… sebab butuh power banyak buat muter semua gear, apalagi klo ada yg aus 1 pasti semuanya ikut malfunction
yup, itu salah satu kekurangannya mas. ๐
ide yg liar !!! sama liarnya dengan sepeda mesin potong rumput atau sepeda gergaji mesin, iya to? ๐
wasseeemmm….. ๐
(ngece detected)
weee..ora ngece paklek !! seriyus yus yus !!
orang2 yg berani tampil dengan ide gilanya yg akan mendapat pengakuan dunia. Tesla, Galileo, Benelli, Furusawa contohnya, dan mungkin One8 akan jadi yg berikutnya, who knows !! Sepeda gergaji mesin itu termasuk ide gila lho (apalagi kalo rantai aselinya yg dipake..)
maju terus paklek !! gak ada ceritanya Kucing Ireng jadi jinak, Kucing Ireng harus liar, Kucing Ireng akan selalu membuat coretan di dinding kota..
lhoh??? malah orasi..
*mendem kecubung detected
hahahah…. likethis
OBRAL MOGE ITALIA HARGA PABRIK MULAI 40jt-an 1200CC
http://mocinrider.wordpress.com/2011/03/04/obral-habis-moge-italia-harga-pabrik-mulai-40jt-an/
wow… ๐ฏ
awet yo ra nggo rante codot kiiikkikikkikikikiki
endi codote bang haji? ๐
kalau teknologinya diterapkan dimesin kucing ireng bisa berhasil ngga ya?
bubrah ๐
Ya ampun mesinnyaaaaa….ngiler ane… ๐ฆ
nitip sekalian ya bro…
http://ngobrolmotor.wordpress.com/2011/03/04/kapan-motor-motor-di-indonesia-kaya-yang-diimpikan-bikers-indonesia/
monggo mas bro! ๐
ndi ki codote
ra wani metu nang kene bang haji! ๐ฏ
Nggak efisien
tapi Mesin unik dan langka, ciri2 motor klasik eropa.
betul mas bro! enginer mereka saat itu sudah sangat maju! ๐
ckkccck ccck
duwe motor ngono, lawas, antik, mulus
mesthi eman-eman yen meh nganggone
dibungkus pakdhe, disimpan di almari ๐
busetttt…gigi gearnya banyak bnerrrrrrr
sampeyan mau satu? ๐
selalu ada ulasan motor antik.. sippp…
biasa aja mas, kalau motor baru nggak pernah nyoba juga! ๐