Yuk, kita review motor lawas lagi!
Kali ini kita sedikit melihat sejarah dari sepeda motor buatan Jerman yaitu Zundapp. 😉
Langsung saja, sejarah Zundapp dimulai pada tahun 1917. Dua orang Jerman bernama Dr Fritz Neumeyer dan Friedrich Krupp mendirikan sebuah perusahaan bernama The Nuremberg. Perusahaan ini pertama kali membuat sepeda motor dengan kapasitas 211 cc yang segera mendapat sambutan publik karena popularitas dan kehandalannya.
Kemudian pada tahun 1930 Zundapp mulai memproduksi sepeda motor dengan menggunakan mesin 4T buatan British Rudge Python engine. Dan pada akhir tahun 1933 hampir 100.000 unit Zundapp telah diproduksi.
Pada Tahun 1933 tersebut dalam acara Berlin Show diperkenalkan Zundapp baru dengan seri K (artinya Kardan alias Shaft Drive atau gardan). Pada rentang waktu itu (1930an) perancang atau enginer dari Zundapp adalah Richard dan Xaver Kuchen, kedua nama tersebut cukup terkenal di Jerman pada saat itu dengan rancangan sepeda motor 2T ataupun 4T berbahan rangka baja press dan menggunakan shaft drive atau gardan.
tambah lagi 😀
Type K500 Transverse Twin ini cukup sukses dan diproduksi lebih dari 15.000 unit.
Mesin K500 ini dengan kapasitas asli 498cc dapat menghasilkan tenaga 16 HP pada 4800 RPM. Mesin ini memiliki transmisi 4 speed dengan menggunakan tangan untuk mengganti gigi persnelingnya. (mirip mobil) Berat total kendaraan mencapai 180Kg dan kecepatan maksimal mencapai sekitar 100km/h.
Karena kekuatan dan ketangguhannya maka banyak Zundapp K500 ini digunakan oleh tentara jerman sebagai kendaraan militer dengan tambahan sespan (side car) 😀
Demikian sekilas Sejarah Zundapp khususnya seri K500 500cc. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama! 😉
Manfaatkan setiap waktu dan kesempatan dengan perbuatan yang positif, karena waktu dan kesempatan itu terlalu berharga jika disia-siakan!
jiropat
kupatahu enak rasane
and the story… Go on.
bisanya cuma cerita pakdhe, mo beli gak kuat!
siapa tahu ceritanya bermanfaat bagi orang lain.
wah motor perang…joss tenan
sangar medeni bocah! 😈
sing duwur dewe mingini..
bikin aja mas! mudah kok kalau model seperti itu! 😀
yen sekarang punya kayak gitu, gak kalah sama CBR250R
minimal jadi pusat perhatian di jalan 😀
mendingan ini mas! barangnya langka! 😀
kalau CBR ntar banyak yang make udah jadi barang biasa 😆
design mesinnya koq hampir sama dengan BMW ya pak de
type transverse atau melintang yang sering disebut boxer memang banyak pabrikan yang pake om! 😀
apalagi ini sama-sama jerman jadi biasa saling berbagi informasi 😆
(BMW aja dijiplak sama Ural kok)
borongan hari Senin………langsung posting tiga tulisan….
tombo kangen opo pancen lagi niat???
untuk Indian dan Vincent, sepertinya aku juga sudah pernah nulis..
cuma gaya penulisan mimpipribumi dan kucing ireng memang berbeda.
biasa aja om! daripada pusing mikirin tugas yang gak kelar-kelar mending berbagi dengan sesama 😀
Berbeda gaya penulisan bukannya itu malah bagus, karena bisa saling melengkapi! 😉
jadi ngiler…
wadew… di lap mas! 😆
Brief ulasannya cukup memikat Mas, thanks, just share kebetulan saya masih menyimpan motor ini dengan sispan Stoye
wah…. selamat mas! anda memiliki satu warisan sejarah kendaraan roda dua dunia! 😉
(jadi pengen) 😥