Zündapp 1934 K500 500 cc


Yuk, kita review motor lawas lagi!

Kali ini kita sedikit melihat sejarah dari sepeda motor buatan Jerman yaitu Zundapp. 😉

Langsung saja, sejarah Zundapp dimulai pada tahun 1917. Dua orang Jerman bernama Dr Fritz Neumeyer dan Friedrich Krupp mendirikan sebuah perusahaan bernama The Nuremberg. Perusahaan ini pertama kali membuat sepeda motor dengan kapasitas 211 cc yang segera mendapat sambutan publik karena popularitas dan kehandalannya.

Kemudian pada tahun 1930 Zundapp mulai memproduksi sepeda motor dengan menggunakan mesin 4T buatan British Rudge Python engine. Dan pada akhir tahun 1933 hampir 100.000 unit Zundapp telah diproduksi.

Pada Tahun 1933 tersebut dalam acara Berlin Show diperkenalkan Zundapp baru dengan seri K (artinya Kardan alias Shaft Drive atau gardan). Pada rentang waktu itu (1930an) perancang atau enginer dari Zundapp adalah Richard dan Xaver Kuchen, kedua nama tersebut cukup terkenal di Jerman pada saat itu dengan rancangan sepeda motor 2T ataupun 4T berbahan rangka baja press dan menggunakan shaft drive atau gardan.

tambah lagi 😀

Type K500 Transverse Twin ini cukup sukses dan diproduksi lebih dari 15.000 unit.

Mesin K500 ini dengan kapasitas asli 498cc dapat menghasilkan tenaga 16 HP pada 4800 RPM. Mesin ini memiliki transmisi 4 speed dengan menggunakan tangan untuk mengganti gigi persnelingnya. (mirip mobil) Berat total kendaraan mencapai 180Kg dan kecepatan maksimal mencapai sekitar 100km/h.

Karena kekuatan dan ketangguhannya maka banyak Zundapp K500 ini digunakan oleh tentara jerman sebagai kendaraan militer dengan tambahan sespan (side car) 😀

Demikian sekilas Sejarah Zundapp khususnya seri K500 500cc. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama! 😉

Manfaatkan setiap waktu dan kesempatan dengan perbuatan yang positif, karena waktu dan kesempatan itu terlalu berharga jika disia-siakan!

Iklan

19 tanggapan untuk “Zündapp 1934 K500 500 cc”

    1. type transverse atau melintang yang sering disebut boxer memang banyak pabrikan yang pake om! 😀
      apalagi ini sama-sama jerman jadi biasa saling berbagi informasi 😆
      (BMW aja dijiplak sama Ural kok)

  1. borongan hari Senin………langsung posting tiga tulisan….
    tombo kangen opo pancen lagi niat???

    untuk Indian dan Vincent, sepertinya aku juga sudah pernah nulis..
    cuma gaya penulisan mimpipribumi dan kucing ireng memang berbeda.

    1. biasa aja om! daripada pusing mikirin tugas yang gak kelar-kelar mending berbagi dengan sesama 😀
      Berbeda gaya penulisan bukannya itu malah bagus, karena bisa saling melengkapi! 😉

  2. Brief ulasannya cukup memikat Mas, thanks, just share kebetulan saya masih menyimpan motor ini dengan sispan Stoye

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.