Sebuah fenomena, di tahun 2011 sang raja masih tebar pesona!!!


Sebenarnya ini hasil pengamatan di daerah saya, dimana sebuah kendaraan yang sudah discontinue tapi masih banyak peminatnya. Bahkan sampai harus berburu 2nd hand ke ibu kota negara yaitu Jakarta.

Terkadang banyak orang yang sebel dengan raungan knalpot khas 2 stroke, apalagi jika box filter dibuka dan knalpot di belah. Dipastikan banyak pengendara lain ngedumel karena hal tersebut :mrgreen:

RX-King! Keputusan mengakhiri kehidupan sang legenda ini oleh Yamaha karena issue lingkungan dan konsumsi BBM yang cukup rakus banyak disesalkan kalangan speed freak, dengan teknologi sederhana minim perawatan namun power yang dihasilkan cukup memberikan sensasi yang tidak terlupakan.

Akhir-akhir ini didaerah saya permintaan terhadap RX-King 2nd meningkat pesat. ditengah berkembangnya wacana pembatasan premium oleh pemerintah dan bayang-bayang pajak progresif tidak menyurutkan para peminat untuk menjadikannya kendaraan ke dua ataupun ketiga. Dampak dari banyaknya permintaan tersebut maka harga jual meningkat pesat. RX-King keluaran tahun 2006 saja laku hampir 14 juta, apalagi keluaran akhir type low smoke antara tahun 2007-2008, bisa-bisa harga beli baru sama harga jual 2nd nya tetap (tergantung kondisi) 😯

Seperti pada gambar diatas, RX-King lansiran Tahun 2004 plat B. Dulu saat beli di Jakarta dapat diharga 7,5 jt sampai jogja. Kalau sudah dimutasi ke plat AB dan dijual saat ini bisa laku diatas 10 jt an 😯

Ada apa sebenarnya ini? benarkah ini wujud perilaku konsumen yang menginginkan kendaraan dengan harga terjangkau, minim perawatan namun tenaganya nendang? mungkin bagi beberapa orang keinginan tersebut seakan terpenuhi jika telah memiliki sang raja. Padahal pengorbanannya tidak main-main, konsumen harus rela bolak-balik ke POM Bensin dan mencium harumnya asap 2T yang konon mencemari lingkungan (sama pabrik dan bis kota/metromini parah mana ya?) ❓

Karena issue lingkungan tersebut maka generasi terakhir sang raja telah dilengkapi dengan catalytic converter.

Terus terang, fenomena ini cukup membuat penasaran saya. Apakah hal yang sama terjadi di daerah anda juga ❓

Bonus, jerohan dapur pacu RX-King  :mrgreen:

lagi nih! :

tambah lagi nih! 😀

masih pengen nambah! 😆

masih belum lengkap juga 😆

terakhir nih! kalau masih kurang pm saya aja 😉

Demikian sedikit fenomena sang raja di daerah saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama!

Jaga persatuan dan keselamatan berkendara 😉

52 tanggapan untuk “Sebuah fenomena, di tahun 2011 sang raja masih tebar pesona!!!”

  1. 😳 jadi bangga punya fixer… (owh, salah masuk ya…) :mrgreen:

    ❓ pengamatan pribadi terhadap fixer juga sama lo Pak… bedanya ini masalah internal… saya baru tahu kalau FXR di Indonesia hanya ada 550 buah saja… dan saya tertantang untuk merawat motor dengan teknologi TSCC tersebut… :mrgreen:

    oya tadi jam 21.00 WIB saya lewat depan rumah sampeyan… mau mampir kok ragu… (gerimis lagi)… padahal bawa fixer tadi… liat tempat ronda baru ada 1 mas-mas/bapak-bapak… akhirnya terus pulang… :mrgreen:

  2. saya tadi masih dijalan mas, barusan dari bintaran. tadi begawan juga sms saya nanya fixerudin mampir gak? :mrgreen:

      1. pakde, butuh racun honda win iki,,,meh nduwe soale..
        ngenteni si kurus nya mas opik keluar dari Deus yo gak nongol2…

  3. salam two stroke bang one 😀 biarpun bolak balik ke pom bensin sensasinya itu loogh nikmaat… si raja di rumah, olinya juga rada rakus kalo kalem BBM nya 1:15 kalo keburu2 jadi 1:12 :mrgreen: didaerah saya King naik daun lagi harganya, sebab lagi gandrung dibuat trail hehe

    1. berarti sama mas, di daerah saya juga booming lagi. tapi dipake standar aja! kalau trail di tempat saya GL Series, buat trabas mesin lebih nendang daripada KLX150 😀

    1. soalnya konsumen banyak yang ragu dengan kualitas motor keluaran sekarang mas bro, ditambah dengan harga yang tinggi! 😀

    1. masih kurang yakin aja dengan kualitas, apalagi sekarang ATPM berlomba-lomba mengejar target produksi sehingga kualitas menjadi berkurang 😥

  4. Maaf baru berkunjung pak camat :mrgreen:

    di daerah purwokerto juga banya RX raja ber plat B. Katanya Rx king paling cocok buat kulakan (kata pedagang lho…)

  5. Begini,,,,, Mohon Maaf kawan.
    motor sya King Tahun 1996, ini sys penyaikitnya ga ketemu_ketemu Mungkin sya yg bodo atau bengkelnya yg ga ngerti, Motor sya gas nya/suara sering kabur padahal kabel gas nya sudah sya ganti sma sekep karbunya berikut Per karbunya juga, tetepi setiap jaln sekian meter kurang lebih setengah kilo selalu kabur terus Gas nya, tetapi jika di kocok dan berhenti baru lancar lagi….!
    apa kendala ada kebocoran atau gimna??? tolong kawan_kawan yg punya pengalaman berbagi dong sya bener_bener sudah mentok nih.

    1. “kabur gas” itu maksudnya bagaimana mas? mbrebet ya? :mrgreen:
      dari cerita sampeyan untuk mencari penyakitnya perlu diceck satu persatu :
      1. Kondisi Karbu
      -Ceck spuyer (pilot-main jet) tersumbat atau nggak.
      -Posisi pelampung dan jarum pelampung standar atau nggak.
      -Saluran bahan bakar (dari tangki-kran-karbu) lancar atau tersumbat.
      2. Kondisi membran (rapat atau nggak)
      3. Kondisi busi (banyak beredar busi palsu)
      semoga ketemu penyakitnya mas 😀

      1. Setahu sya Semua telah di Cek tp masih aja gitu…
        kalo Kondisi Busa Allhamdulilah bagus mas, saluran lancar bngt mas, kaburnya gimana yah kaya gas di atrik aja gitu, alhamdulilah di Mesin tak ada masalh.

      2. skep-nya nggak ori ya mas? :mrgreen:
        biasanya kalo skep karbu yang nggak ori sering ngancing/macet saat digunakan. karena saat mesin menyala terjadi hembusan udara bercampur bensin membuat material skep imitasi dingin dan macet. (karburator keluar embun/titik air)
        Coba pake karbu/skep ganti yang ori (pinjam teman buat uji coba) kalo lancar berarti masalah ada di bagian tersebut. semoga bermanfaat! 😉

Tinggalkan Balasan ke Bonsai Biker Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.