Ini lanjutan dari bagian pertama kemarin π
Kali ini saya akan mengajak pembaca semua untuk melihat ada apa dibalik sosok tunggangan di ajang WSBK yang hampir semuanya produk unggulan pabrikan roda dua yang gagah, powerful dan mempesona.
Setelah bagian pertama kemarin tentang motor milik tim balap geng ijo yaitu Kawasaki ZX-10R, maka kali ini yang mendapat kesempatan kedua adalah pasukan dari negeri Jerman dengan jagoan mereka BMW S1000RR yang sangat bertenaga.
Seperti apakah dibalik fairing motor buatan Jerman ini? Mari kita lihat sosok aslinya terlebih dahulu
BMW S1000RR merupakan salah satu motor superbike berdesain terbaik menurut saya
Berikut ini spesifikasinya :
Displacement:999.00 ccm (60.96 cubic inches)
Engine type:In-line four, four-stroke
Power:190.42 HP (139.0 kW)) @ 13000
RPMTorque:112.00 Nm (11.4 kgf-m or 82.6 ft.lbs) @ 9750
RPMCompression:13.0:1
Bore x stroke:80.0 x 49.7 mm (3.1 x 2.0 inches)
Valves per cylinder:4
Fuel system:Injection. Electronic intake pipe injection/digital engine management including knock sensor (BMS-K-P)
Fuel control: DOHC
Cooling system:Liquid
Gearbox:6-speed
Transmission type,
final drive:Chain
Clutch:Multiple-disc clutch in oil bath, anti hopping clutch, cable operated
Fuel consumption:5.70 litres/100 km (17.5 km/l or 41.27 mpg)
Greenhouse gases:132.2 CO2 g/km. (CO2 – Carbon dioxide emission)
Exhaust system:Catalytic- 2 Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standard EU-4 readyChassis, suspension, brakes and wheels
Frame type:Bridge-type frame, cast aluminium, load-bearing engine
Rake (fork angle):23.9Β°
Trail:96 mm (3.8 inches)
Front suspension:46 mm Upside-down fork, rebound and compression adjustable
Front suspension travel:120 mm (4.7 inches)Rear
suspension:Cast aluminium swing arm, Continuously adjustable rear inbound-rebound damping, high and low speed
Rear suspension travel:130 mm (5.1 inches)
Front tyre dimensions:120/70-ZR17 Rear tyre dimensions:190/55-ZR17
Front brakes: Double disc
Front brakes diameter:320 mm (12.6 inches)
Rear brakes:Single disc
Rear brakes diameter:220 mm (8.7 inches)Physical measures and capacities
Dry weight:183.0 kg (403.4 pounds)
Weight incl. oil, gas, etc:204.0 kg (449.7 pounds)
Power/weight ratio:1.0405 HP/kg
Seat height:820 mm (32.3 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height:1,138 mm (44.8 inches)
Overall length:2,056 mm (80.9 inches)
Overall width:826 mm (32.5 inches)Wheelbase:1,432 mm (56.4 inches)
Fuel capacity:17.50 litres (4.62 gallons)
Reserve fuel capacity:4.00 litres (1.06 gallons)
Dan bagaimanakah jerohan dibalik fairingnya tersebut? mari kita lihat bersama π
Hwaduh….!! ternyata sama saja, ruwet dan rumit!
Banyak sekali piranti elektronik berkolaborasi dengan kabel-kabel dan selang guna mendukung kinerja mesin yang segede gentong! π
Apalagi ditambah dengan bentuk Β RAM AIRΒ (corong udara) yang mirip kepala sapi seperti ini bikin nafas BMW S100RR jadi plong! :
Sayangnya, dengan power yang besar BMW S1000RR ini belum dapat menciptakan ritme yang stabil dalam setiap race WSBK sehingga kurang mendapatkan hasil yang maksimal. π₯
Demikian sedikit gambaran tentang jerohan BMW S1000RR, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.
Tetap jaga persatuan, kesatuan serta persaudaraan! karena ini modal kita untuk menjadi bangsa yang besar! π
nggak mempan pertamax.. kudu racing fuel…!! π
walah…. ikutan group “kalongers” juga to? π―
hamsterers
sial, sayap lowo ku, kesangkut pager ! gagal permamax son gagal maning π¦
keduluan kalong tuh! π
motor sekelas WSBK aja masih menggunakan cable ties (pernah mencoba) jadi pede …
dimotorku ada jga cable tie
(solusi merapikan kabel)
ruwettt.. :mumet:
btw ada gambar kepala banteng siap nyruduk!
gunakan imajinasimu bro! π
(spatbor belakang KLX mirip baboon)
BMW???????/ canggih ngetrend tapi belum sukses
di F1 juga kan? sempat punya nama besar dan menjadi pesaing ferari namun gagal maning son
belum saatnya aja mungkin pakdhe! π
Asli sangar jg Mz..
namanya juga superbike mas bro! π
radiator plus oil cooler yg kompak nian
GL Pro nya dijual gak lek? π
Sing duwe warung saiki doyan ngintip jeroan π mantap bro…lanjut…
asal jangan ngintip jeroan orang aja mas bro!
(bisa kena gampar!)
yang CBR fireblade kapan nih?
walahhhhh dijamin timbilen tenan habis nonton jeroan nich motor π
asal gak jadi “belek’en” aja mas bro! π
(pakaikacamata)
soketnya ditaruh dideket RAM AIR apa ngk kena air ujan trus teyengen wahai pak camat??
lho, itukan posisi ada dibawah speedometer dan terlindung fairing depan dan windshield bro! π
rikuwes yang GSX-R1000 ya om π
http://motorkencang.wordpress.com/2011/01/12/catatan-suzuki-di-dunia-balap-tahun-2010-kurang-memuaskan/
π nggih mas, akan saya coba!